14 April 2008

Membuat Direktori Tersembunyi di Windows


Anda tentu tidak ingin bila data-data Anda untuk dilihat lorang lain. Untuk itu, ada cara agar direktori yang tidak ingin diketahui oleh orang lain menjadi tersembunyi (hidden).

Untuk membuat sebuah direktori yang tersembunyi tersebut alangkah baiknya jika anda membuatnya pada Windows Explorer, tapi akan mudah sekali untuk dilihat orang lain, dengan mengaktifkan Show All Files (ViewFolder OptionsView hidden files) pada menu View.

Untuk membuat satu direktori yang tidak bisa dibaca oleh Windows Explorer, sebaiknya Anda membuatnya dari MS DOS Promt. Untuk membuatnya Anda harus masuk dulu pada Ms Dos Prompt, caranya : klik Start - Run - Cmd = Enter, kemudian ketik perintah :

MD nama-direktori Alt+255

Untuk keterangan Alt+255 adalah untuk menghasilkan efek hidden. Jadi setelah mengetikkan namanya, tekan tombol Alt dan tahan tombol tersebut, lalu masukkan angka 255 dengan menggunakan tombol numeric pad, bila Anda meggunakan tombol angka yang terdapat di atasnya tombol huruf, biasanya tidak akan bekerja. Kemudain syarat lainnya adalah pemberian nama pada direktori tersebut tidak lebih panjang dari 7 karakter, hal ini disebabkan karena sistem hanya mampu untuk menyembunyikan maksimal 7 karakter saja.

Setelah Anda membuat direktori tersebut, Anda tidak akan bisa membukanya pada Windows Explorer, karena Windows itu Anda bisanya akan mendapatkan pesan kesalahan yaitu “Folder does not exist”. Kemudian untuk mengakses folder tersebut Anda harus menekan tombol Alt+255 dibelakang nama direktori tersebut.
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

No comments:

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT