25 April 2008

Dennis Ritchie

- Penulis: Alfian Muhammad
- Bahasa:
Indonesia
- Format file:
HTML
- Publisher:
IlmuKomputer.Com
- Tahun terbit:
Juni 2003



Dennis Mc Allistair Ritchie bersama Ken Thompson membuat bahasa yang paling terkenal di dunia komputer menyaingi bahasa inggris di dunia real. Bahasa itu adalah bahasa C.

Dennis M Ritchie lahir ditengah perang dunia ke 2 pada tanggal 9 September 1941 di Bronxville NewYork. Lulus dari Harvard thn 1963 dalam bidang Fisika dan melanjutkan pendidikan di Harvard hingga meraih gelar Ph.D di bidang Matematika.(Perlu diketahui bahwa orang jenius dalam bidang science biasanya suka matematika) .

Setelah lulus dari Harvard ,Dennis Ritchie bergabung dengan laboratium paling terkenal di dunia( Bell Labs) padatahun 1963 mengikuti jejak ayahnya Alistair E.Ritchie. Tak lama setelah bergabung dengan lab ini , ia segera memberi konstribusi dalam project Multics yang merupakan proyek kerjasama antara Bell Labs ,MIT dan General Electrics dengan membantu menuliskan Compiler bahasa BCPL(Basic Combined Programming Language)untuk mesin Multics. Kemudian ia membantu Ken Thompson dalam pembuatan sistem operasi UNIX(salah satu OS selain Windows dan Linux) .

Bahasa C inilah fondasi dalam pembuatan Unix. Bahasa C ini merupakan pengembangan dari bahasa B yang dibuat oleh Ken thompson dengan penambahan beberapa data type dan syntax baru kedalamnya oleh Dennis Ritchie .

Ia bersama Ken Thompson banyak menerima penghargaan dari berbagai organisasi seperti ACM Software Award , U.S National Medal of Technology atas constribusinya dalam dunia komputer ini. Hingga saat inipun Bahasa C merupakan bahasa paling banyak digunakan oleh programmer.

Referensi

  • http://cm.bell-labs.com/cm/cs/who/dmr/bigbio1st.html

  • http://www.bell-labs.com/history/unix/ritchiebio.html

Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

No comments:

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT