19 August 2008

Komputer Bisa 'Dibangunkan' via Telepon Internet

Jakarta - Komputer dan telepon semakin mirip saja. Sebuah teknologi baru memungkinkan komputer 'terbangun' saat ada panggilan telepon lewat internet.


Intel memperkenalkan teknologi barunya yang akan menghidupkan komputer secara otomatis saat komputer menerima panggilan telepon via internet. Teknologi yang terletak pada motherboard ini secara otomatis akan mengaktifkan komputer dari modus 'Sleep' ke aktif dan bahkan bisa langsung menyalakan mikrofon dan pengeras suara.

Dengan teknologi bernama Remote Wake tersebut, komputer pun akan berfungsi mirip telepon. Namun untuk saat ini teknologi tersebut baru bisa digunakan untuk sambungan internet melalui kabel (ethernet) karena sambungan nirkabel biasanya akan non-aktif saat komputer dalam modus 'Sleep'.

Jajah, perusahaan telepon berbasis internet, akan menjadi yang pertama untuk memanfaatkan Remote Wake dari Intel. "Dengan teknologi ini akan lebih membantu kerja PC menjadi pusat alat komunikasi di rumah," ucap Trevor Healy, Chief Executice perusahaan telepon internet Jajah, dikutip detikINET dari Cellular News, Selasa (19/8/2008).

Diperkirakan Remote Wake akan mulai memasuki pasaran pada September 2008. Joe Van De Water, Director of Consumer Product Marketing Intel, mengatakan Remote Wake hanya menerima panggilan dari layanan tertentu sesuai kehendak pengguna sehingga orang iseng tak akan bisa membangunkan komputer pengguna teknologi ini.


Sumber : www.detikinet.com
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

No comments:

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT