22 August 2008

Membuat status di GTalk menjadi Invisible


Siapa yang tidak kenal GTalk ?


Aplikasi ini dipakai sebagai sarana chatting antar teman atau bahkan dengan atasan seperti saya :)


Di GTalk, terbagi atas beberapa bagian, untuk mudahnya saya sebut saja menu, ada menu setting, help, untuk menambah kontak, dsb.


Khusus untuk status, di situ ada status default-nya, yaitu available,busy dan custom message. Status available digunakan untuk menunjukkan ke seluruh teman chatting (kontak) bahwa kita ada (aktif), busy untuk menunjukkan bahwa kita sedang sibuk / tidak ingin diganggu, biasanya kita menggunakan status ini jika kita sedang ada pekerjaan tertentu, satu lagi status custom message, untuk mengekspresikan kata apa yang ingin kita gunakan, misalnya : "Saya ada", atau " maaf, saya sedang sibuk" .


Kadang-kadang, selain menggunakan status busy jika kita sedang tidak ingin diganggu, kita juga bisa menggunakan fasilitas blocked, fungsinya untuk memblokir orang2 yang tidak ingin kita ajak bicara, atau kita tidak ingin diganggu oleh orang tersebut.


Biasanya sih itu bisa menimbulkan kecurigaan,soalnya saya pernah mengalaminya. Saya blok satu teman saya yang ada di salah satu ruangan (kebetulan di ruangan itu ada 2 orang), sedangkan yang satunya lagi tidak saya blok. Akhirnya ketahuan juga, teman yang di blok tadi protes, kok saya tidak tampil di GTalk-nya, sedangkan teman yg satunya lagi bisa menampilkan status saya :)


Saya berfikir, bagaimana caranya agar suatu saat saya tidak ingin diganggu oleh orang tertentu, tetapi saya ingin status saya aktif (biar tidak menyakiti perasaan orang), akhirnya saya menemukan caranya.


Pagi ini saya mendapatkan cara untuk membuat status saya online/aktif, tetapi kelihatannya offline. Bagaimana caranya ?


Caranya :

1. Masuk ke situs ini , akan muncul Term and Conditions, tekan saja tombol Agree and Download.


2. Kemudian akan muncul verifikasi dari Google, lalu tidak lama setelah itu akan muncul jendela download.


3. Tekan tombol Run jika muncul jendela baru, maka aplikasi GTalk yang baru akan mulai diinstall.


Perlu diingat, selesai mendownload, aplikasi GTalk ini akan langsung aktif dan kita tinggal memasukkan user name dan password. Di dalam komputer kita nantinya akan ada 2 aplikasi GTalk, yaitu GTalk yang lama dan GTalk Labs Edition. Kalau memang ribet, uninstall saja GTalk yang lama.


Demikian tips dan trik dari saya.


Selamat mencoba !
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

No comments:

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT