19 October 2008

17 tahun usia Linux

Sistem Operasi untuk komputer ada bermacam-macam. Khusus di Indonesia, kebanyakan pemilik dan pengguna komputer biasanya menggunakan sistem operasi Windows buatan Microsoft.
Kalau ditanya alasannya, mengapa memilih Windows ? Jawabannya pun kemungkinan sama, yaitu sistem operasi Windows lebih user friendly (eh user friendly itu masih sodara nggak ya sama Glenn Fredly ? Hi..hi.. hi..), alias lebih mudah digunakan.

Sebetulnya ada OS alternatif lain, yaitu Linux. Sistem operasi ini bersifat Open Source alias gratis. Namun di Indonesia sendiri persentasi pengguna Linux masih kecil dibandingkan para pengguna Windows (walaupun setiap tahunnya jumlah pengguna Linux mengalami peningkatan).

Tahukah anda siapa pencipta Linux ?

Yap betul. Penciptanya adalah Linus Torvalds. Linux diciptakan pertama kali pada tanggal 17 September 1991. Linus Torvalds membuat Linux untuk pertama kalinya dan diberi nama Linux 0.0.1. Sistem operasi ini pada awalnya dikembangkan oleh Linus Torvalds hanya sebagai hobby, dan merupakan sistem yang dikembangkandari Minix.

Pada awalnya, Linus ingin memberikan nama untuk sistem operasinya itu dengan nama Freax, yang merupakan singkatan dari Freak, Free dan X. Supaya bisa dikembangkan, filenya itu di upload di ftp.funet.fi milik Universitas Helsinki. Seorang rekan teman Linus yang bernama Ari lemmke, orang yang bertangggung jawab atas server ftp itu merasa bahwa Freak bukanlah nama yang tepat. Lalu tanpa memberitahu Linus, si Ari (halah sok akrab  ) mengubah nama Freak tersebut menjadi Linux. Pada awalnya Linus berdebat dengan Ari, setelah berdiskusi beberapa lama, akhirnya Linus menyetujui pemberian nama Linux.
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

8 comments:

  1. alow lam kenal yak...
    kpn ya sy mulai pk linux....vista melulu

    ReplyDelete
  2. @dwi : salam kenal juga. Kalo menurut saya sih, sebisa mungkin mengenal beberapa OS, jgn hanya windows saja. Kalo belum bisa lepas dari Windows,kompienya pake Dual booting aja. Saya juga dulu begitu, 1 Windows, 1 Linux.

    ReplyDelete
  3. wah saya harus belajar lagi nih ttg linux soalnya dah agak lupa-lupa ingat :D

    ReplyDelete
  4. @ipanks : Iya,pelajaran apa pun kalo sdh lama nggak dipake biasanya suka lupa. Resepnya, terus berlatih (kalo dlm linux, biasakan memakai linux seperti halnya memakai windows). :)

    ReplyDelete
  5. Linux.. sampai skrg saya masih blum memahaminya hahaha

    ReplyDelete
  6. @Zalukhu : Wew, karena logo/icon Linux itu Penguin, coba kalo iconnya itu Panda, pasti mas Zal paling jago di OS Linux wkwkwkwkwk :) Trim's sdh mampir ke blog saya.

    ReplyDelete
  7. Linux...kesannya kok keren banget ya kalo kita tahu banyak tentang yang satu ini..apa itu karena masih jarang yang capable dengan linux? ga tau juga dech..hanya Tuhan dan kang Nugraha yang bisa menjawabnya,hehehe.

    ReplyDelete
  8. @nenad. Ah Ayi bisa saja. Yang menjawab masalah capable tidaknya itu hanya Tuhan dan orang2 yg ahli di bidangnya (dalam hal ini Linux). Dalam hal ini saya masih mencoba-coba, distro Linux apa yg cocok. Dulu sih Mandrake, tapi skrg Mandrake sdh nggak ada dibeli lalu dirubah jadi Mandriva. Lg ngulik Ubuntu tadinya. Tapi.....:(

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT