26 October 2008

Sound Card

Siapa yang tidak kenal Soundcard ? Yap betul. Soundcard adalah kartu suara :) Ooh, kalau itu sih semua orang (pemakai komputer) sudah pada tahu.

Pada artikel IT kali ini, saya ingin membahas tentang Soundcard. Sebenarnya, apa sih pengertian dari soundcard atau kartu suara ini ?

Begini de (halah sok tua :) ), kartu suara atau kartu audio atau audio adapter adalah sebuah perangkat komputer yang berfungsi untuk menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan suara (ooh itu sih jelas).

Nah, si kartu suara ini biasanya bertengger (kayak burung) di slot motherboard yang disebut dengan ISA ( Industri Standard Architecture) atau pun PCI (Peripheral Component Interconnect) Beberapa fungsi dari kartu suara ini :

- menerima masukan dari perangkat input, misalnya dari mikrofon.
- merekam suara
- melakukan beberapa manipulasi pada suara asli (pada program-program tertentu).

Pada dasarnya, fungsi dari device tersebut adalah sebagai pengubah dari analog ke digital yang mengubah sinyal digital ke format analog. Soundcard biasanya digunakan dalam berbagai aplikasi multimedia, misalnya : komposisi musik, mengedit video atau audio, persentasi, game.

Fungsi utama dari kartu suara yaitu:

a] Sintesis (generasi suara dari sinyal digital)

b] MIDI (Musical Instrument Digital Interface: standar protokol yang memungkinkan perangkat elektronik berkomunikasi, kontrol dan sinkronisasi satu sama lainnya. Dengan kata lain, MIDI memungkinkan pertukaran data sistem)

c] Analog-ke-digital converter (misalnya mengubah masukan sinyal analog suara dari mikrofon ke mode digital)

d] Digital-ke-analog converter (misalnya reconverts digital ke sinyal output sinyal analog)

Suara sintesis meliputi tiga metode antara lain FM (Frequency Modulation) synthesis, Wavetable synthesis dan Physical Modeling.

Sebelum ditemukannya kartu suara, sebenarnya komputer itu tidak dirancang untuk menghasilkan suara maupun musik. Kemudian komputer dilengkapi dengan speaker internal yang hanya mengeluarkan bunyi, fungsinya adalah sebagai alarm atau peringatan.

Pada perkembangan selanjutnya, programer komputer menambahkan suara untuk dimasukkan ke dalam game. Pada mulanya kartu suara yang dirancang dan dipasarkan untuk IBM PC berdasarkan spesifikasi aplikasi audio seperti komposisi musik ((AdLib Personal Music System, Creative Music System, IBM Music Feature Card) atau speech synthesis (Digispeech DS201, Covox Speech Thing, Street Electronics Echo) . Di tahun 1988 perusahaan seperti Sierra mulai menambahkan efek suara dalam permainan.

Pada awalnya, kartu suara untuk IBM PC diproduksi oleh AdLib. Kartu ini didasarkan pada chip Yamaha YM3812 , alias OPL2. Pada waktu yang bersamaan; Creative Labs juga memasarkan kartu suara yang disebut Creative Music System .

Creative Labs Sound Blastermemperkenalkan kartu yang rumit di IBM PC kompatibel. Sound Blaster memiliki prosesor tambahan untuk merekam dan memutar ulang audio digital di samping mdel AdLib.
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

7 comments:

  1. @spydeeyk : wah.. sama-sama..:)

    ReplyDelete
  2. 5 paragraf terakhirnya nambah wawasan saya nih.

    Thanks ya mas Nugraha :)

    ReplyDelete
  3. he he he, saya masih bingung sama soundcard ... tapi disini, saya bisa kenal lebih jauh ...thx ya

    ReplyDelete
  4. @ipung : Alhamdulillah, syukurlah kalau artikel yang saya posting bisa bermanfaat bagi teman-teman :)

    @adinata : Sama-sama,mas. Trim's juga sudah mau mampir ke blog saya.

    ReplyDelete
  5. ohhh gitu yahh baru sadar saya (emang pingsan) yang penting sih bisa cuap-cuap tuh pc

    ReplyDelete
  6. @bocahiseng : Apalagi kalo cuap-cuapnya merdu :)

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT