09 October 2008

[Tips & Trik] : Virtual Keyboard On Screen

Setelah kemarin memposting artikel ini , yang ternyata mendapatkan beberapa komentar, ada satu komentar dari seorang blogger yang tiba-tiba saja menjadi ide untuk membuat posting ini.

Posting ini dapat dikatakan sebagai jawaban atau solusi artikel ini (spyware bagian ke-3). Mengapa demikian ? Karena tulisan di bawah ini akan mencoba memberi satu solusi untuk meminimalisir tingkat kejahatan pencurian data. Pada awalnya, cara ini diyakini sebagai cara ampuh untuk menghindari pencurian data, baik untuk transaksi online maupun password.

Namun seiring perkembangan, para hacker ini bertambah jago saja dalam mengulik (halah itu mah bahasa sunda), apa ya.. oh iya maksudnya dalam mempelajari cara-cara baru untuk melakukan pencurian data.

Adapun solusi yang dimaksud adalah dengan cara menggunakan software Virtual Keyboard On Screen.

Apa sih kegunaan software tersebut ?

Software tersebut berguna untuk “menyembunyikan” ketukan-ketukan pada keyboard ketika kita akan menuliskan data semacam password, data-data rahasia seperti kartu kredit, dan lain-lain yang sifatnya rahasia.

Software ini banyak digunakan pada situs-situs semacam penjual produk ketika diletakkan di bagian member area. Saya menemukan salah satu contohnya. Di bawah ini adalah screen shoot penggunaan aplikasi tersebut :



Virtual Keyboard On Screen tidak perlu diinstall, cukup di download, setelah tersimpan di Harddisk anda, tinggal di panggil/double click atau anda bikin shortcut-nya lalu letakkan di desktop, agar bisa memanggilnya dengan cara cepat. Gambarnya seperti ini :



Apabila anda ingin menggunakan software tersebut untuk diletakkan di desktop anda, misalnya jika ingin digunakan ketika anda ingin memasukkan password email anda, maka caranya adalah :


1. Panggil software Virtual Keyboard On Screen tersebut , set/configure software ini dengan cara meng-klik kanan toolbar di sudut kanan bawah, lalu pilih configure lalu set agar software ini selalu di atas aplikasi lain (always on top mode)
2. Buka situs yang ada passwordnya, misal email anda.


3. Ketikkan login/user name dan password anda melalui software Virtual Keyboard On Screen tersebut. Selanjutnya anda tinggal mengklik tombol submit atau sign in.


Oh ya, software tersebut dapat di download di sini :


Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

6 comments:

  1. tambah sip aja blogger yang satu ini.
    salut buat ide-ide segar kamu.

    ReplyDelete
  2. @ Firanza : Terima kasih. Itu juga sebagian adalah hasil dukungan dari sahabat2 blogger semua.

    ReplyDelete
  3. @mymoen : Mungkin saya hanya sharing pengalaman saja mas, belum bisa dikatakan memberikan tutorial. Terima kasih kalau ada manfaatnya :)

    ReplyDelete
  4. default xp ada juga lho.., start -> all programs -> accecessories -> accessibility -> On-Screen Keyboard , tp memang sewaktu saya coba.., beberapa keylogger masi bisa menangkap key acii-nya qeqeqe, hmmm.., kayaknya yang diatas bisa dicoba juga tuh.., ke-detect keylog juga ga yah.. :D

    ReplyDelete
  5. @ Spydeeyk : Betul, memang Windows sendiri menyediakan on screen keyboard, ini hanyalah alternatifnya. Kadang sewaktu windows kita kena virus, beberapa program yg ada di menu malah hilang. Saya pernah mengalaminya, nah sebagai salah satu solusi, daripada ,menginstall ulang windows, jika tdk banyak perubahan yg akan dilakukan, maka saya menginstall "software fihak ke 3" ini.

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT