11 November 2008

Disc Blu-Ray

Kita, para pengguna komputer tahu, bahwa terdapat beberapa jenis media penyimpanan, misalnya : disket (sekarang sudah jarang/tidak dipergunakan lagi), harddisk, CD, DVD, dan Flashdisk.

Nah, sekarang ada lagi media penyimpanan terbaru, namanya adalah Blu-Ray. Media penyimpan ini secara fisik masih sama sih, yaitu menggunakan cakram atau disc.

Pengertian dari Blu-Ray Disc :

Blu-Ray disc adalah salah satu format yang diperuntukkan untuk optical disc, yang kebanyakan digunakan untuk menyimpan data dan video.

Disc jenis baru ini dikembangkan oleh Blu Ray Disc Association, yaitu tim yang terdiri dari produsen consumer electronic, para pembuat komponen hardware, juga industri perfilman.

Dilihat dari ukuran, secara fisik sama dengan CD atau pun DVD. Lalu, kenapa disc keluaran terbaru ini diberi nama Blu-Ray ? Karena disk ini menggunakan laser jenis blue-violet untuk proses baca-tulis (read and write).

Mengenai kapasitas, Blu-Ray lebih unggul daripada kedua jenis sebelumnya. Kapasitas Blu-Ray disc dual layer memiliki kemampuan menyimpan data sampai dengan 50 Gb per keping !!!

Sayangnya, saat ini harganya masih relatif mahal (yaa.... penonton kecewa :( ). Kita tunggu saja perkembangannya. Biasanya semakin lama, harga sebuah komponen atau accessories akan cenderung turun dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan.

Semoga..
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

14 comments:

  1. @bocahiseng : kono katanya harga Disc blu-ray sekitar 100 ribuan per keping, 2 taun yg lalu Rp. 300 ribuan !!

    ReplyDelete
  2. kalo berbicara teknologi tidak akan habis nya mas, dari bulan or tahun perkembangan di bidang teknologi semakin canggih :)

    ReplyDelete
  3. @harianku : Iya,mas.Mungkin saat ini Blu-Ray (contohnya) adalah teknologi paling canggih. Tapi di masa depan, mungkin akan ada teknologi yg lebih canggih lagi :)

    ReplyDelete
  4. blu-ray.., hmmm.. yang saingan nya HD-DVD yah.., he2.., tp HD-DVD dah keok sekarang.. :D , semoga blu-ray cepet jadi murah.. xixiixxi.. :)

    ReplyDelete
  5. @spydeeyk : iya nih. dulu saingan HD-DVD yg skrg sudah nyerah (beberapa bulan yg lalu). Semoga aja cpt turun harganya,biar bisa koleksi film dlm 1 keping :)

    ReplyDelete
  6. mau nunggu berapa tahun biar harganya turun? jangan lama lama ya.. kan lumayan tuh.. bisa buat backup isi hardisck hehehehe...

    ReplyDelete
  7. @therunk : Kadang, prediksi orang tidak bisa dijadikan ukuran. Misalnya ada orang yang mengatakan kalo harga Disc Blu-Ray ini akan turun 1 tahun lagi,terkadang malah harganya bisa turun lebih cepat. Banyak faktor. Iya, biar 1 harddisk muat dalam 1 keping ya, kan praktis ? :)

    ReplyDelete
  8. wah. update informasi seru nih...
    btw, mau tanya nih, apa ada blu-ray RW apa ndak?,

    ReplyDelete
  9. @Firanza : Setau saya, Blu-Ray RW belum ada, mas. Mungkin melihat perkembangannya dulu. Seharusnya dimana ada ROM, diimbangi dgn RW ya ? :)

    ReplyDelete
  10. wah thanks informasinya aku jd tw blue ray

    ReplyDelete
  11. @E-Lifestyleandbusiness : sama-sama :)

    ReplyDelete
  12. wah terjawab sudah pertanyaan ane tentang ini, sebelumnya sempat bingung hehehe

    ReplyDelete
  13. @wane : Ya..syukurlah. Terima kasih sudah berkunjung :D

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT