10 February 2009

USB

Anda tahu USB ? Ya , USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus.

Kali ini saya akan mencoba membahas tentang USB. Saat ini, hampir semua komputer menyediakan konektor USB di bagian CPU-nya. Konektor jenis USB ini dapat menghubungkan beberapa hardware ke CPU anda.


Apalagi sistem operasinya juga mendukung koneksi USB, sehingga memudahkan untuk melakukan instalasi secara cepat.

Beberapa peralatan/device yang sudah menggunakan USB :

1. Printers dihubungkan ke port paralel , dan sebagian besar komputer datang hanya dengan satu jenis koneksi. Seperti Zip drive, yang membutuhkan kecepatan tinggi untuk ketika dikoneksikan ke komputer, biasanya menggunakan port paralel port juga, sering sekali menghadapi kendala dengan kecepatannya yang terbatas.

2. Modems menggunakan port serial, demikian pula dengan beberapa printer dan berbagai hal yang lain seperti Palm Pilots dan kamera digital. Sebagian besar komputer memiliki paling banyak dua port serial, dan mereka sangat lambat dalam banyak kasus.

3. Perangkat yang memerlukan sambungan yang lebih cepat datang dengan slot kartu mereka sendiri, yang tentu saja memerlukan kecocokan untuk dapat masuk ke dalam slot kartu di dalam casing komputer. Sayangnya, jumlah kartu slotnya terbatas

Tujuan USB adalah untuk mengakhiri semua keruwetan. Universal Serial Bus memberikan satu, sudah dibuat standar, mudah digunakan untuk menghubungkan hingga 127 perangkat ke komputer.

Contoh perangkat-perangkat yang sudah menggunakan koneksi USB:

* Printer
* Scanner
* Mice/Mouse
* Joysticks
* Flight yokes
* Kamera Digital
* Webcam
* Modem
* Speaker
* Video phone
* Storage devices, sepertiZip drives
* Network connections

Hampir setiap komputer yang anda beli hari ini datang dengan satu atau lebih Universal Serial Bus konektor di bagian belakang. Konektor USB ini memungkinkan Anda melampirkan semua dari mouse ke printer ke komputer dengan cepat dan mudah.

Sistem operasi mendukung USB juga, jadi instalasi driver perangkat yang cepat dan mudah juga. Dibandingkan dengan cara lain yang menghubungkan perangkat ke komputer Anda (termasuk paralel port, serial port khusus dan kartu yang Anda instal di dalam komputer kasus), perangkat USB yang luar biasa sederhana!
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

3 comments:

  1. ohh kiraain usb itu uang saku bablas alias boke wkwakakak

    ReplyDelete
  2. Emang enak ada USB, semua kompatibel. Ngomong2 blog ini dimonetize gak?

    ReplyDelete
  3. @bocahiseng : ha..ha..ha.., bisa aja :)
    @firanza : justru itu, monetize mana yang dimaksud ? Kalau untuk menghasilkan uang, sementara ini saya hanya mengandalkan dari download dan PTC aja. Kasih tau dooong...

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT