15 May 2009

Cara Memblokir Situs-situs Yang Tidak Diinginkan

Posting ini merupakah “hutang” saya kepada 2 orang yang mengunjungi situs ini. Pertama untuk Abah yang meminta agar saya membahas cara memblokir situs p****, serta Cha, yang meminta saya agar membahas cara memblokir situs-situs,khususnya Facebook dan Youtube, karena temannya sering meminjam komputer utk browsing ke situs-situs tersebut.

Sebenarnya ada banyak cara untuk memblokir situs-situs yang tidak diinginkan, mulai dari yang sangat sederhana, misalnya lewat Internet Explorer (yang setelah saya coba, tidak berjalan sebagaimana mestinya/situsnya tetap tampil), tingkat kesulitannya sedang, yaitu memanfaatkan file “hosts” – seperti yang akan saya bahas kali ini serta cara yang paling bagus (mungkin bukan sekarang ya, karena lagi-lagi saya harus mengatur waktu saya). Mudah-mudahan, suatu saat nanti saya bisa membahas cara yang paling bagus (menurut saya) tadi.

Oh ya, sekedar tambahan, untuk abah, cara ini memang sedikit merepotkan. Kenapa ? Karena cara ini harus mengetikkan satu persatu situs yang ingin diblokir. Cara ini sementara cocok untuk Cha, karena hanya mengetikkan 2 situs yang ingin di blokir saja, yaitu facebook dan youtube.

Baiklah, untuk menyingkat waktu, saya akan mencoba menerangkan langkah-langkahnya :

1.Buka Windows Explorer 

2.Cari file yang bernama “hosts” (tanpa tanda kutip) dengan cara membuka C:\WINDOWS\system32\drivers\etc 

3. Untuk berjaga-jaga, back-up lah dulu file “hosts” tadi menjadi “hosts.bak”, caranya, anda bisa meng-copy (jadi nanti hasilnya ada 2, hosts.bak dan hosts yg asli).

4.  Cara membuka file hosts tadi, klik open di file tersebut, jika extensionnya tidak dikenali, gunakan notepad untuk membukanya. 

5. Setelah terbuka, akan muncul tampilan seperti ini (gambar terlampir) 


6. Alamat IP 127.0.0.1 adalah alamat default dari komputer kita. Kita memerlukan file ini untuk “mengalihkan” alamat-alamat situs nantinya agar dikenali sebagai alamat IP komputer kita, sehingga nanti kalau muncul akan bertuliskan error. 

7. Masukkan alamat-alamat situs yang tidak anda inginkan dengan cara mengarahkannya ke alamat IP komputer kita. Awali dengan cara menampilkan IP kita dulu. Sebagai contoh :
127.0.0.1 facebook.com 
127.0.0.1 youtube.com
dan lain-lain

Syntax diatas adalah cara kita memblok alamat-alamat tertentu dari sebuah situs, misalnya facebook dan youtube.

Oh ya, cara ini bisa digunakan di semua versi Windows. Selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat.
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

93 comments:

  1. Mas dapet award dari saya nih ! Nanti diambil yah !

    ReplyDelete
  2. @Remba : Terima kasih, saya lihat dulu yah ?

    ReplyDelete
  3. keren sekali sobat, mantap nih untuk ngejahilin teman :D

    ReplyDelete
  4. @Sudarma : Halah, kok buat ngejahilin ? :)

    ReplyDelete
  5. bagus juga postingannya sob, aku dah coba n berhasil, tp dah aku kembaliin ke normal lagi, thx ya

    ReplyDelete
  6. @Basri : Sama-sama. Terima kasih atas kunjungannya :)

    ReplyDelete
  7. ini merupakan cara yang efektif sebagai filter terutama bagi anak-anak yang sudah dikenalkan pada dunia maya

    ReplyDelete
  8. @material : Iya,mudah2an saja :)

    ReplyDelete
  9. kok ga' ampuh...masih bisa di tembus???
    ada cara lain???

    ReplyDelete
  10. @heri : kan sudah saya tulis di atas, ada banyak cara memblokir situs2 tsb, postingan diatas adalah cara yg sedang, berarti masih ada cara yg lebih bagus/ampuh lagi. Coba baca seutuhnya dari awal kalimat :)

    ReplyDelete
  11. Kalau kita mau blokir dari blogspot bisa ga ya ??? misalnya : www.jurang.blogspot.com , trus saya mau hilangkan situs tersebut dari blogspot bisa ga ? Caranya gimana. Mohon bantuannya. Thanks.

    Tolong email ke saya ya di : z_lubis@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  12. nais inpo nij, tak kasih reward

    ReplyDelete
  13. @POSUN : Terima kasih,Pak :)

    ReplyDelete
  14. saya sudah mencobanya tapi kenapa ketika komputer di matikan atau di restart situs-situs yang sudah diisi pada host tadi kok tiba-tiba hilang apa pemblokiran tersebut berlaku selama pemakaian 1x komputer????


    tolong jawab ini pada email saya pachel_212@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  15. @Anonymous : Apakah prosedurnya sudah sesuai seperti yg tersebut di atas ? Biasanya cara seperti ini berhasil, dan tentu saja tidak untuk 1 x pemakaian

    ReplyDelete
  16. Kalau buat firefox dan pakai ubuntu gimana?

    ReplyDelete
  17. @aslibumiayu : Saya belum mencoba di seluruh browser, tapi harusnya bisa, karena yang kita modif adalah system di windows, bukan di browsernya. Ubuntu? Saya belum tahu :)

    ReplyDelete
  18. mas... pas saya coba trus di save, ga bisa di save di system 32 nya, malah ke my documents. gimana dong mas??

    ReplyDelete
  19. @Berry : Masa sih mas ? Coba gunakan perintah save as, biasanya lancar2 aja tuh ? Kok bisa lari ke my documents ya ? Coba ulang sekali lagi, jangan lupa back up dulu file aslinya.

    ReplyDelete
  20. aku setuju jika ada cara untuk mamblokir situs tertentu ;agar tidak mempengaruhi anak muda sekarang

    ReplyDelete
  21. gan gak semua web bisa di blok ya?? kayak tv.jepun131.com gak bisa di blok sedangkan yang lainnya dah bisa di blok... gmn???

    ReplyDelete
  22. @Dicky : Waduh... kalau masalah semua situs bisa nggaknya di blok, saya belum tau,gan. Seperti yang saya tulis di artikel di atas, cara ini adalah cara yg tingkat kesulitannya sedang, jadi tidak menutup kemungkinan, masih ada cara lain yang lebih canggih lagi.

    ReplyDelete
  23. mas, gimana sih ini, kok saya gagal terus? saya sudah melakukan sama seperti yang disarankan di atas, tapi begitu saya search lagi di google dan buka situs itu, ternyata masih bisa dibuka. dan yan lebih parah, ada situs yang tiba2 muncul semacam iklan otomatis gitu, tolong sarannya.....

    ReplyDelete
  24. @setiawan : hmm.. mungkin cara yg dipaparkan di atas, hanya berlaku untuk situs yg diketikkan langsung di browser. Saya pun akan berusaha mencari cara yang lebih baik dari di atas.

    ReplyDelete
  25. thx gan berguna banget nih! :D

    ReplyDelete
  26. @Anonymous : sama-sama,gan :)

    ReplyDelete
  27. http://apps.facebook.com qo ga isa di blok

    ReplyDelete
  28. jaringan komputer di kantor sy tiba-tiba tak bisa buat fb. tpi sya lihat file yang direkomendasikan di atas sama sekali masih asli. gak ada tulisan yang berkaitan dengan fb... kira-kira ini diblokir dengan cara lain atau gmana ya..

    ReplyDelete
  29. @zeinul : saya baru menemukan cara lain, mudah2an cara ini bisa berlaku utk semua situs yg ingin di blokir. Rencananya, artikel tentang pemblokiran itu akan saya posting besok. Insya Alloh.

    ReplyDelete
  30. acces denied gan.. pas ane mo ngesave file host yang saya edit.. mohon bantuannya

    ReplyDelete
  31. @anonymous : kemungkinan file nya di protect, gan ? Coba login sebagai admin. Atau mau coba cara lain, baca artikelnya di sini : http://artikel-it.blogspot.com/2010/08/cara-memblokir-situs-cara-ke-2.html

    ReplyDelete
  32. kalo pengen ngaktifinnya lagi gimana ??
    biar gak ke blokir ??

    ReplyDelete
  33. @Anonymous : Ya, tinggal di hapus saja alamat/url2 yang tadi dimasukkan di filehosts atau gunakan filehosts aslinya yang sudah dibackup lagi.Sebaiknya anda baca di postingan versi lainnya disini : http://artikel-it.blogspot.com/2010/08/cara-memblokir-situs-cara-ke-2.html

    ReplyDelete
  34. @Andy : Coba dibaca pelan-pelan, lalu difahami, baru dipraktekkan. Kalau masih bingung, cara yg menurut saya lebih mudah, baca aja di postingan yg lebih baru, di sini : http://artikel-it.blogspot.com/2010/08/cara-memblokir-situs-cara-ke-2.html

    ReplyDelete
  35. tolong..........
    blokir dari alamat www.indonbodoh.blogspot.com
    wah menghina banget deh pokoknya

    ReplyDelete
  36. mas kenapa setelah saya melakukan pengetikan pada file hosts, saat saya simpan ketikan saya tadi 127.0.0.1 www.youtube.com tdk tersimpan. pdhl centang pada read only sdh saya hilangkan

    ReplyDelete
  37. Wah Manthap..
    Aku Jengkel kalo kaka" ku Tak Suruh Jaga Otlet kog Malah Chat terus di Mig33. aku blokir aja bearkerja dia maximal...
    Thx Gan... Bermanfaat buat aku dan usahaku gan....

    ReplyDelete
  38. file yang namanya "hosts" kok ga ada??

    ReplyDelete
  39. @Abdul Hadi : coba mas cari di windows explorer dgn perintah "search" biar nggak kesulitan nyari satu-persatu..

    ReplyDelete
  40. kok g bisa y, pngen Blokir site ini http://www.antiindonesia.co.cc/

    ReplyDelete
  41. @wahyu arief : Mas, sudah mencoba mengganti kata antiindonesia.co.cc dengan alamat yang berisikan angka ? Cara mengetahuinya adalah dengan masuk ke menu command prompt, lalu ketik ping antiindonesia.co.cc , nanti akan muncul tulisan ip utk situs tsb. Coba di file hosts tadi gunakan ip tersebut utk proses pemblokiran, barusan saya coba, tapi ada ada masalah di kompie saya sejak menggunakan Windows 7 atau saya sendiri belum terlalu "ngotak-ngatik" jeroan Windows 7 ini.Kalau masih tdk bisa pake metode ini, berarti ada beberapa cara lain utk memblokir situs2 yg tidak diinginkan.

    ReplyDelete
  42. mungkin dapat saya luruskan

    Nah, misalnya kita ingin memblokir situs facebook dan Youtube, tambahkan saja daftar baru, misal:
    127.0.0.1 localhost
    127.0.0.2 www.facebook.com
    127.0.0.3 www.youtube.com
    127.0.0.xxx utk seterusnya

    ReplyDelete
  43. @0zan : Terima kasih mas 0zan atas bantuannya :)

    ReplyDelete
  44. gue mau blokir cherry belle udah keterlaluan banget nurutin snsd gue

    ReplyDelete
  45. @lisania : ya, mudah2an berhasil.

    ReplyDelete
  46. makasih infox gan.....backlink yha

    ReplyDelete
  47. http://blogger99update.blogspot.com/

    mantep mas....backlink yha ;)

    ReplyDelete
  48. @article blogger : terima kasih. Boleh... :)

    ReplyDelete
  49. setelah pengeditan, file malah jadi virus...bagaimana nih???

    ReplyDelete
  50. @Blogiztic : Lho kok bisa ya ? File2nya kan berasal dari komputernya sendiri ? Mungkin faktor kebetulan...

    ReplyDelete
  51. nais mas.... sangant bermanfaat... makasih. :)

    ReplyDelete
  52. @Sigid : sama-sama. terima kasih sudah main ke sini :D

    ReplyDelete
  53. @Irwan Saputra : Terima kasih gan :D

    ReplyDelete
  54. aduh terlalu mudah deh,, anak2 kan tinggal searcing google dan ketemu blok ini... ehhh ketahuan deh caranya.. ampppunn bener kata admin. ini cara paling mudah btw nice share

    oia klo ga salah ada kok program gratisan yg bisa blok situs2 dan di password jadi lebih sulit di jebol anak2 coba aja di googling saya lupa namanya heheh

    ReplyDelete
  55. @Anonymous : Nah..ntu tau sendiri jawabannya ???

    ReplyDelete
  56. numpang nimbrung...
    artikelnya bagus... tapi sayangnya klo kita mw memblokir situs por*o harus tw dlu dong situsnya apa aja...
    ada cara yang lebih efektif gak masnya?????
    mhon dibantu yak :)]

    ReplyDelete
  57. Om saya coba di XP SP3 qo file hosts nya gak bisa disave ya....minta pencerahannya om....

    ReplyDelete
  58. @Anonymous : artikelnya bagus... tapi sayangnya klo kita mw memblokir situs por*o harus tw dlu dong situsnya apa aja...
    ada cara yang lebih efektif gak masnya?????
    mhon dibantu yak :)]

    Kalau sekarang, saya kira untuk memblokir situr por**, sudah otomatis di blokir sama Nawala.org - bukan berarti kita harus tau situsnya dulu, contoh: saya buka situs IP anonymous yg namanya "hidemyass", nah karena mengandung kata a**, yaitu bagian tubuh tertentu, sudah terfilter di nawala, jadinya ya di blokir.Sementara saya baru bisa jawab itu dulu.

    ReplyDelete
  59. @Anonymous : Ponakan, saya sudah pernah coba di XP SP3, tapi tidak masalah. Kayaknya masalah ada di OS anda, atau kalau penasaran, anda bisa coba di kompie teman anda yg sama2 pakai XP SP3.

    ReplyDelete
  60. abis di edit kok ga bisa disave ya pak

    ReplyDelete
  61. @Anonymous : kok bisa ya ? coba perikasa siapa tau file nya di kasih atribut read only, jadi cuma bisa di baca

    ReplyDelete
  62. saya sudah ikutin langkah2 nya tapi kenapa ndak bisa di save...?
    saya pakai win7
    tolong bantu saya...
    thanks

    ReplyDelete
  63. @Anonymous : Mungkin filenya ada di posisi "read only", coba rubah dulu properties-nya, tanda read only nya dihilangkan. Semoga membantu.

    ReplyDelete
  64. @All : coba buka postingan saya tentang cara memblokir situs di sini : http://artikel-it.blogspot.com/2010/08/cara-memblokir-situs-cara-ke-2.html

    ReplyDelete
  65. eh gini ..
    setelah saya save as kok muncul "acces denied" , jadi gmna tuh ??????

    ReplyDelete
  66. @Anonymous : Begini mas/mbak, ada beberapa orang yg menemui kendala ketika mempraktekkan cara saya di atas. Kalau mau coba, silahkan cara lain, yg saya posting di sini : http://artikel-it.blogspot.com/2010/08/cara-memblokir-situs-cara-ke-2.html

    ReplyDelete
  67. @produk_kesehatan : sama saja, karena yang berperan di sini bukannya browser, tapi file hosts tadi. Semoga dugaan saya benar :)

    ReplyDelete
  68. pada window7 gak mau disave

    ReplyDelete
  69. @Anonymous : Saya sendiri blm mencobanya, pernah sih pake Win 7, tapi cuma sebentar, masih setia sama XP sih. coba cara lain di sini : http://artikel-it.blogspot.com/2010/08/cara-memblokir-situs-cara-ke-2.html

    ReplyDelete
  70. saya sudah coba dan berhasil, tapi kalau di buka dengan google transale kenapa gak terblokir ya....kira2 ada cara yang lebih ampuh gak ya??

    ReplyDelete
  71. @rumahku : Sudah pernah coba di artikel ini : http://artikel-it.blogspot.com/2010/08/cara-memblokir-situs-cara-ke-2.html ?

    ReplyDelete
  72. sory gan kalo dari cara itu orang orang kantor ane dah terlalu pinter hehehehehehe, kalo dari cmd tau gak caranya, tolong balas ke email saya ya wyed668@gmail.com terimakasih banyak gan wat jawabannya

    ReplyDelete
  73. @M.WIDODO_1011511829 : di sorry-in gan, saya hanya memposting trik yang saya tau, ada 2 lho, coba cari di http://artikel-it.blogspot.com/2010/08/cara-memblokir-situs-cara-ke-2.html. Atau belajar sama orang2 kantor yg pinter itu, jadi bisa tambah ahli

    ReplyDelete
  74. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  75. kalo kita dha blokir cara untuk ngembaliin situs tuh biar bisa diakses kembali gimana?
    mohon balasannya..
    terima kasih..
    cukup balas disini aja..
    tiap hari saya akan mengunjungi blog neh buat nunggu balasannya..
    terima kasih.

    ReplyDelete
  76. @xinxu : ya, hapus lagi barisan situs2 yang sudah kita tulis di notepad tadi, lalu save.Jadi secara sederhana, utk pemblokiran dgn menggunakan metode ini, cukup menambahkan situs yg ingin di blokir, kalau ingin mengembalikan ke keadaan semula, edit lagi file host tadi, lalu kurangi/hapus situs yg dimaksud agar bisa diakses lagi. Semoga membantu & terima kasih atas kunjungannya.

    ReplyDelete
  77. @acel_uta : coba lu pake cara kedua, ada di jawaban di atas. Cara memblokir itu banyak, gw hny mengupas 2 trik buat ngakalinnya.

    ReplyDelete
  78. @raihan anshari : seperti yg saya sebutkan di langkah2nya, file hosts ada di C:\WINDOWS\system32\drivers\etc

    ReplyDelete
  79. trus kan setelah menu host dibuka melalui notepad dan memasukkan nama situs, langkah selanjutnya apa?

    ReplyDelete
  80. @raihan anshari : coba ikuti langkah2 yg sudah saya tulis di atas, kalo masih belum puas, coba buka url ini http://artikel-it.blogspot.com/2010/08/cara-memblokir-situs-cara-ke-2.html

    ReplyDelete
  81. makasih ya... saya sudah pasang dan berhasil.
    terimakasih banyak

    ReplyDelete
  82. @obat herbal luka bakar : sama2. Terima kasih juga sudah mengunjungi blog saya...

    ReplyDelete
  83. PRODUSEN SUSU KAMBING ETAWA
    MENCARI DISTRIBUTOR DAN AGEN SELURUH INDONESIA DENGAN HARGA DISKON 50%-60%

    ReplyDelete
  84. terimakasih atas infonya mas kang cak bro
    anda guru yang baek

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT