12 August 2009

Proxy

Di dalam dunia jaringan atau internet, kita tentu pernah mendengar istilah yang disebut proxy. Namun, tidak semua orang tahu definisi dari proxy tersebut. Dalam artikel kali ini, saya akan mencoba menjelaskan arti dari proxy tersebut.


Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request atau permintaan terhadap content dari Internet atau intranet.

Proxy Server bertindak sebagai gateway/gerbang terhadap dunia Internet untuk setiap komputer klien. Tentu saja, sebagai server, ia tidak terlihat oleh komputer klien. Seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya.

Web server yang menerima permintaan dari proxy server akan menginterpretasikan permintaan-permintaan tersebut seolah-olah permintaan itu datang secara langsung dari komputer klien, bukannya dari proxy server. Fungsi lainnya, ia dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (seperti halnya Internet).

Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan. Proxy server yang berfungsi sebagai sebuah "agen keamanan" untuk sebuah jaringan pribadi, umumnya dikenal sebagai firewall.
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

10 comments:

  1. @suzgu BITES : Sama-sama,sis :)

    ReplyDelete
  2. kalo saya mah kurang paham sama proxy dkk :D

    ReplyDelete
  3. tau cara ganti ip adress ga gan?

    ReplyDelete
  4. @Lebah Ndut : Saya sendiri bukan ahlinya, hanya tau sedikit :)

    @Taktiku : Kalau cara mengganti IP Adress (secara umum) langkah2nya : Buka Control Panel-Network Connections-pilih jaringan yg sedang dipakai/LAN dgn cara mengklik kanan-Pilih Internet Protocol (TCP/IP)-Properties-Use the following IP Adress (manual), gantilah IP yg diinginkan.Kurang lebih begitu,kalo kurang, tambahin ya ???

    ReplyDelete
  5. xxoxo saya sendiri pengguna proxy ?

    ReplyDelete
  6. TErima kasih, mohon izin copy artikel Blu-Ray dan Proxy (sip), sy pastekan di blog saya: http://sahman.co.cc
    Terima kasih, maaf dan sukses selalu.

    ReplyDelete
  7. @sahman : silahkan mas, saya izinkan :D

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT