07 October 2009

Menyembunyikan Label

Postingan kali ini akan menjelaskan cara menyembunyikan label yang akan / sudah dibaca. Tips ini mungkin sepele dan belum terlalu terasa manfaatnya, tapi nantinya, hal ini akan berguna.

Begini, biasanya kalau kita menerima email yang kira-kira menarik atau penting, email-email ini bisa kita organisir / kelompokkan dengan cara memberinya label / judul. Jadi fungsi label disini adalah mempermudah email-email sejenis agar kita mudah membacanya. Saya saja punya 217 label. Kebanyakan ? Tentunya iya. Nah disinilah yang tadi saya maksud nantinya akan berguna.

Biasanya, kalau kita sudah menandai suatu email dengan label, maka kumpulan label-label itu akan diletakkan di bagian kiri, satu kolom dengan chatting, kotak masuk, atau wiget-widget lainnya. Kalau cuma 1-2 label, hal ini tidak menjadi masalah, tapi kalau labelnya sudah berjumlah puluhan, bahkan ratusan, hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan selain juga membuat dashboard gmail kita berantakan, karena banyaknya label yang berserakan.

Tips yang akan saya jelaskan disini adalah menyembunyikan label, agar tidak muncul serentak. Caranya adalah dengan mengaktifkan fitur yang namanya “Hide Read Labels'. Agar bisa menikmati fasilitas ini, masuklah ke menu pengaturan- pilih tab “lab”- “sembunyikan label yang telah di baca”, pilih aktifkan – simpan perubahan. Maka ketika selesai menyimpan perubahan tadi dan anda kembali ke menu utama, hasilnya sidebar di sebelah kiri anda akan terlihat rapi.


Jadi, label-label yang berserakan akan disembunyikan di bawah menu “more” atau “lagi"

Contoh hasil akhirnya adalah gambar di bawah ini :


Semoga bermanfaat !
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

2 comments:

  1. kok aku tidak bisa lihat sample gambarnya? bikin cara atau scriptnya juga donk kalo perlu

    ReplyDelete
  2. @kani : thank's for visiting

    @pututik : masa sih mas ? untuk melakukan itu, tidak pakai script lho, makanya tidak saya cantumkan. Cukup ikuti langkah2 yang sudah saya tuliskan di atas saja.Coba lagi.

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT