26 April 2010

Hati-Hati, Blog Anda Di Hapus !!

Kemarin, setelah saya mempublish sebuah artikel di blog berbahasa Inggris, beberapa menit kemudian datanglah sebuah email di gmail saya. Isinya sangat mengejutkan !!!

Isi email itu seperti ini :

Hello,
Your blog at http://xxx.blogspot.com/ has been reviewed and confirmed as in violation of our Terms of Service for: SPAM. In accordance to these terms, we've removed the blog and the URL is no longer accessible.
For more information, please review the following resources:
Blogger Terms of Service: http://blogger.com/terms.g
Blogger Content Policy: http://blogger.com/content.g

-The Blogger Team

Bagi saya tentu saja berita ini sangat mengherankan saya, setelah lebih dari 2 tahun, kok blog saya tersebut dianggap melanggar TOS-nya blogger ? Lalu saya cari informasi kesana-kemari, akhirnya saya lihat di beberapa situs atau forum yang berisi tentang pembahasan penghapusan blog yang saat ini sedang gencar dilakukan fihak google (atau kata lainnya adalah RAZIA).

Satu hal lagi yang membuat saya "shock" adalah, saya tidak bisa membuka beberapa blog yang lain yang ada dalam akun yang sama. Lalu saya coba buka gmail dan login, eh ternyata sama saja, tidak bisa di akses.



Akhirnya, saya cari jalan sendiri dengan cara mengira-ngira kesalahan/error di menu google atau gmail. Lalu saya menemukan sebuah form (halah saya lupa lagi url-nya :( ). Intinya, saya disuruh memilih 2 opsi, yaitu : 1. Pemulihan melalui sms ; 2. Pemulihan melalui telpon. Lalu saya diminta memasukkan nama negara dan no. telpon saya. Sebelumnya saya pilih lewat sms. Setelah di-submit, saya tunggu kok nggak ada sms masuk dari google ? Sudah beberapa kali dicoba, tapi hasilnya seperti itu terus.


Penuh rasa putus asa yang katanya adalah dosa , saya coba rubah pilihan menjadi pemulihan melalui telpon (kira-kira kalimatnya seperti itulah), lalu saya masukkan no. hp saya. Tidak lama kemudian Oom Google eh Tante Google deng, datang menelpon, sebetulnya sih mesin penjawab yang menelpon he..he.., dia memberitahukan kode yang harus dimasukkan ke dalam form yang tersedia, lalu di submit.

Setelah melalui perjuangan yang penuh darah dan air mata melelahkan, akhirnya, akun Gmail saya kembali pulih. Saya bisa membuka email dan blog saya. Tapi tetap saja, blog yang menurut email melanggar TOS itu belum bisa aktif. Tapi, lumayan lah, walaupun kondisinya begitu, blog saya nongol di daftar blog-blog yang lain, hanya saja statusnya seperti di-read only, tidak bisa di otak-atik, tapi di bawahnya ada menu "restore". Yaah masih ada harapan deh, semoga blog saya yang satu itu bisa kembali pulih.

Selama ini blog tersebut telah menghasilkan uang ratusan ribu buat saya, apalagi PR-nya 2, walaupun alexa-nya masih tinggi. Mudah-mudahan blog yang satu itu cepat pulih. Amin

Demikianlah postingan saya kali ini. Semoga para pembaca-khususnya para blogger bisa memetik hikmah dari pengalaman saya tersebut.


Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

14 comments:

  1. Memang sangat parah banget sob, saya sudah banyak sekali mengalami hal penghapusan seperti ini. Dan semuanya adalah blog inggris, yang blog indo sih aman2 saja. Blogspot memang semakin banyak aturan.

    ReplyDelete
  2. @Sudarma : Iya,sob. Yaaa maklumlah...kita masih banyak tergantung kepada beliau, soalnya gratisan sih he..he..

    ReplyDelete
  3. blog saya juga yang satu di hapus gak tau penyebabnya apa ?..

    ReplyDelete
  4. @Gudang Ilmu : Nah itu dia, yang saya sebut razia. coba cari tau di forum atau minimal lihat pengalaman saya di atas :)

    ReplyDelete
  5. Wah...ada begitu ya....
    hmmmmm turut berduka dan mudah2an blognya yang lain tidak diganggu gugat ya....
    Aneh juga sih.....
    Btw, salam kenal sobat...

    ReplyDelete
  6. @Ica : Iya,sobat. Terima kasih & salam kenal juga sobat :)

    ReplyDelete
  7. Wah,, jadi peringatan nih bwat saya .. Makash atas sharingnya mas .. **

    ReplyDelete
  8. @Abdul Hafizh : Sama-sama,mas

    ReplyDelete
  9. kebanyakan kali bro blog yg didartarin? hhe, smoga balik seperti semula dh :D....
    salam kenal.....

    *follow balik y bro,. hhe

    ReplyDelete
  10. ntuk blog sie aku gak make blogspot, tapi masih ada satu blog di blogspot yang aku pake untuk nyari sedikit recehan dolar...:)

    ReplyDelete
  11. wah...., jadi harus lebih nerhat i hati lagi nie ....

    ReplyDelete
  12. jadi harus berhati hati bila mau posting nie

    ReplyDelete
  13. computer gadget29 April 2010 at 00:09

    nice to share, and need to be bookmarked...
    I wait for the next update, Thank's a lot.

    ReplyDelete
  14. @Febriyanto : Sebetulnya nggak juga, kan ada yang bilang mau daftarin 100 blog dalam satu akun juga nggak apa2. Saya punya 8 blog selama 2 tahun lebih.Kejadian ini berawal setelah saya mem-ping blog saya tsb ke sebuah layanan ping service, padahal jaraknya seminggu setelah update terakhir (nggak tiap hari). Salam kenal juga. Iya, saya akan follow balik :)

    @alief : Apapun blognya, minumnya tetap..(iklan he..he..he,,) Kalau untuk blog, karena banyak pilihan penyedia blog gratisan, ya kita bisa milih sesuai selera :)

    @pelintas batas : Iya, bro. Kita harus lebih berhati-hati lagi. Kabarnya yang banyak terkena razia ini blog berbahasa Inggris.

    @computer gadget : Thank's.

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT