22 June 2010

Bagaimana CAPTCHA Bekerja ?

Bagi para Onliners (bahasa saya yang ditujukan kepada orang-orang yang sering online di depan komputer), pasti sudah mengenal istilah Captcha. Masih belum faham atau nggak “ngeh” ? Saya beri contoh yang sederhana, saya yakin pasti para blogger atau pembaca yang sedang melakukan blogwalking pernah berkomentar di salah satu blog yang sedang dibacanya.
Nah, ada beberapa blogger yang ingin pembacanya memasukkan kode atau tulisan sebelum komentarnya diloloskan. Biasanya kode yang dimaksud berbentuk huruf-huruf yang disamarkan atau hampir tidak jelas untuk dibaca. Nah huruf-huruf yang harus diketik itulah yang disebut dengan Captcha. Capctha merupakan kependekan dari Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans Apart (halah panjang banget ya :) ). Ada lagi istilah lainnya yaitu Human Interaction Proof (HIP). Captcha digunakan untuk semacam tes bagi orang yang menggunakannya. Hal ini disebabkan karena orang selalu berusaha mempermainkan system, mereka ingin memanfaatkan kelemahan dalam computer yang sedang menjalankan (meloading) situs.

Ketika orang-orang yang mempermainkan tersebut menjalankan aksinya, tindakan mereka akan berakibat kepada jutaan pengguna lainnya yang sedang membuka web. Sebagai contoh, sebuah layanan jasa penyedia email mungkin bisa saja dibombardir oleh salah satu permintaan yang berasal dari salah satu akun dari sebuah program otomatis. Program otomatis tersebut bisa saja merupakan bagian dari upaya yang lebih besar lagi yang bertujuan untuk mengirimkan spam ke jutaan pengguna. Nah, makanya digunakan Captcha yang tugasnya adalah untuk mengidentifikasi mana yang berasal dari manusia sungguhan atau robot / program otomatis.

Mudah-mudahan artikel yang sangat singkat ini bisa menambah pengetahuan.
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

No comments:

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT