13 June 2010

Safari 5

Safari baru saja merilis versi 5 yang dibuat dengan tujuan mengikuti pertaruhan dalam perang antar browser, dengan dua perbaikan besar: meningkatkan kinerja untuk menyaingi kecepatan Google Chrome, serta layanan Safari Reader yang sangat berguna, yang membuatnya lebih mudah digunakan untuk membaca artikel multi-halaman Web.

Safari 5 memiliki sejumlah fitur baru lainnya sangat yang berguna juga, termasuk fitur tambahan dan dukungan untuk HTML 5 yang lebih baik. Apakah semua ini cukup untuk meletakkannya sebagai browser peringkat teratas ?



Fasilitas Safari Reader Mengambil Posisi Utama

Sejauh ini penambahan yang paling penting untuk Safari 5 adalah Safari Reader . Fitur baru ini bagus tidak hanya untuk bagian yang terbaik dari Safari versi baru, tetapi juga merupakan fitur baru yang terbaik yang datang bersamai browser manapun selama beberapa waktu ini. Fitur ini sangat berguna, sehingga tidak mengherankan jika nantinya akan diikuti oleh semua pembuat browser lainnya.

Bila Anda membuka halaman Web yang oleh Safari diidentifikasi sebagai artikel, maka akan muncul tombol Reader berwarna abu-abu yang akan muncul di sisi kanan Address Bar. Jika anda mengklik tombol tersebut, maka jendela akan muncul di bagian atas halaman Web Anda, yang akan menampilkan artikel serta potongan iklan. Ini menunjukkan kepada anda bahwa teks, grafik, video dan link sangat mudah dibaca, tampilan pada layarnya pun bisa digulirkan (scroll).

Jika artikel tersebut memiliki lebih dari satu halaman, maka seluruh artikel sisanya akan turut disertakan, bukan hanya halaman yang sedang dibuka saja. Tandanya halaman web yang asli berwarna gelap sehingga tidak akan mengganggu konsentrasi anda ketika sedang membaca artikel.

Tombol di bagian bawah jendela Reader memungkinkan anda untuk dapat memperbesar dan memperkecil ukuran, menjadikannya e-mail atau bisa juga untuk mencetaknya. Bila Anda menggunakan halaman tersebut untuk dijadikan e-mail, maka secara otomatis akan diluncurkan pula email client default (misalnya MS.Outlook) yang anda gunakan dan meletakkan link halaman di bagian tubuh pesan.

Itulah sepintas fitur baru yang ada di dalam browser Safari 5 yang saya posting kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat.
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

No comments:

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT