31 July 2010

Mouse-Sejarah dan Penggunaannya

Apa jadinya ya, kalau teknologi mouse tidak ditemukan ? Mouse atau tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart. Dibuat dari bahan kayu dengan satu tombol. Sedangkan model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).

Pada umumnya, mouse mempunyai dua tombol, terletak di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun begitu, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan mouse yang hanya terdiri dari satu tombol.

Berikut jenis-jenis mouse yang pernah dibuat :

1. Mouse generasi pertama (bahan terbuat dari kayu)

2. Mouse generasi kedua, menggunakan teknologi trackball (bola yang berfungsi sebagai sensor untuk mendeteksi gerakan).


3. Mouse optik pertama buatan Logitech (tampak atas)


4. Mouse Optik (tampak bawah)


Bagaimana cara kerja mouse ? Mouse bekerja dengan cara menangkap gerakan dengan menggunakan bola (yang terletak di bagian bawahnya) yang menyentuh permukaan keras dan rata. Generasi mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal/optic untuk mendeteksi gerakan. Sedangkan untuk mouse yang lebih canggih lagi, ada yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.

Sekarang ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan mouse memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dikenal dengan istilah dpi), bahkan ada lho yang bisa mencapai 4.800 titik per inci ! Biasanya mouse jenis ini khusus dibuat bagi para penggemar game. Itulah sejarah singkat ditemukannya mouse. Semoga bermanfaat.
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

3 comments:

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT