07 August 2010

Cara Meng-copy Konten Halaman Web yang Diproteksi

Akhirnyaa...bisa memposting lagi setelah beberapa hari sebelumnya rehat, setelah jalan-jalan ke Singapura beberapa hari yang lalu. Oh ya, kali ini saya akan memuat artikel tentang trik untuk mengcopy web yang diproteksi.

Bagi pengguna yang sedang membutuhkan informasi, biasanya mencari artikel-artikel yang dibutuhkan lewat mesin pencari, misalnya Google. Ketika menemukan suatu situs yang berisi halaman yang dibutuhkan, tentunya bagi sebagian orang, isi atau konten dari artikel tersebut pastilah ingin di salin ke harddisk atau flashdisk agar bisa dibaca kapan saja.

Namun, ada beberapa situs yang memproteksi halaman webnya dengan tujuan agar tidak di copas dan dimuat di web lain. Ketika kita akan memblok tulisan yang ingin disalin, ternyata tidak bisa. Tentunya, hal ini bisa membuat para pembacanya kecewa. Adakah cara untuk mengcopy konten yang di proteksi tersebut ?

Setidaknya saya menemukan 2 cara untuk melakukan hal itu.

Cara pertama :

1. Simpanlah halaman yang isinya ingin anda salin dengan cara Save As. Saya ambil contoh kalau kita menggunakan browser Firefox (versi B. Indonesia). Klik menu Berkas - Simpan halaman dengan nama (Ctrl S)-Tentukan lokasi penyimpanan file. Otomatis file yang di simpan akan ber-ektensi htm atau html.

2. Selanjutnya anda buka Ms. Frontpage, lalu buka file yang berisi halaman web yang telah disimpan tadi.

3. Blok dengan mouse atau keyboard pada teks yang akan dicopy.

4. Buka Ms. Word, dan tampilkan hasil copy dengan klik Paste atau Ctrl-V.
5. Kini anda bisa menyimpan atau mencetak halaman web yang diproteksi tadi dengan Ms. Word

Cara tadi juga dapat digunakan untuk menyimpan gambar yang tidak bisa disimpan atau dicopy dengan klik tombol kanan mouse.

Cara kedua :

1. Klik menu Alat - Pengaturan - pilih tab Isi - Non aktifkan javascript dengan cara mencentangnya (lihat gambar) - OK


2. Maka, halaman web yang diproteksi tadi dapat dengan mudah kita blok, lalu disalin. Saya kira hal ini disebabkan karena si pembuat web memproteksi halamannya dengan memanfaatkan bahasa pemrograman javascript. Ternyata cara ini lebih sederhana dibandingkan dengan cara pertama tadi bukan ?

Bisa saja ada cara lain untuk membuka proteksi halaman web, mungkin diantara para pengunjung web ini ada yang mau menambahkan ?

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

8 comments:

  1. sip gan.. emang kalo yg diprotek2 gtu bisa kykg gni..... ato kalo bisa tinggal diblock tulisannya terus CTRL+C gtu.. hhe, bisa y kyknya seperti itu gan, soalnya ada juga yg ga bisa diklik kanan tapi masih bisa diblock.... :D

    ReplyDelete
  2. Iya gan, macam2 cara orang agar bisa memproteksi situsnya (biar nggak di copas gitu).

    ReplyDelete
  3. Perlu di coba nih. Tapi saya kurang setuju tindakan blogger yang memproteksi artikelnya. tapi tergantung sama bloggernya juga sih. kalau menurut saya, artikel saya boleh di copas bebas. Mau di kasih link atau nggak gak masalah khan artikel juga ilmu dan harus secepatnya di sebarkan. Kalau masalah serp, tergantung sama google aja, khan google tambah hari semakin canggih ya, mana yang asli sama mana yang hasil kopas. Sukses mas!

    ReplyDelete
  4. @ The Baby : Iya sih,De. Tergantung masing-masing orangnya. Sebetulnya, copas boleh2 saja, asal syaratnya 2 : 1. si pemilik artikel asli tidak keberatan, 2. mencantumkan karya/nama asli dari penulisnya. Tapi kalau "menyarikan" tulisan, boleh-boleh saja tanpa mencantumkan sumbernya (ngarang dengan kata2 sendiri). Terima kasih de, atas do'anya. Sukses juga buatmu :D

    ReplyDelete
  5. Mohon maafin aku jika slama ini ada kesilapan dalam menulis...
    Marhaban Ya Ramadhan..

    ReplyDelete
  6. @Fais :Sama-sama, mohon maaf juga kalau saya ada kesalahan :)

    ReplyDelete
  7. Nice info Gan. Langsung ane coba. Salam perraudaraan dari http://AlatHematBBM.com

    ReplyDelete
  8. @Alat Penghemat BBM : Terima kasih gan sudah mengunjungi blog saya. Salam persaudaraan juga. Saya sudah mengunjungi situsnya. Bagus sekali, saya tertarik dgn alat2 penghemat BBM nya

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT