08 December 2011

Penyebab Blue Screen of Death (BSOD)

Pernahkah anda mengalami Blue Screen of Death (BSOD) ? BSOD kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah Layar Biru Kematian. Sedangkan pengertiannya adalah notifikasi atau pesan error yang muncul pada sistem operasi Microsoft Windows ketika terjadi suatu kegagalan sistem yang tidak bisa diperbaiki.





Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan BSOD tersebut. Menurut pengalaman serta kumpulan hal-hal yang dapat saya peroleh antara lain :

1. Setting mode hardisk di BIOS, meskipun sepele tapi hal ini seringkali menjadi masalah besar sebenarnya tidak sulit untuk mengatasi masalah ini, kita tinggal mengganti mode hardisk dari AHCI atau SATA (tergantung type bios) menjadi compatible atau IDE (tergantung type bios juga)

2. CD windows yang tidak mendukung pada SATA atau tidak memiliki driver SATA, hal ini dapat diselesaikan dengan cara mengubah atau menambahkan driver SATA pada installer windows kita, salah satunya dengan menjalankan software nlite.

3. RAM / memory yang bermasalah, RAM yang bermasalah seringkali menjadi penyebab blue screen pada proses instalasi windows, cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti RAM agar proses installasi berjalan dengan lancar, atau mengambil salah satu memory yang ada jika permasalahanya adalah crash pada RAM.

4. Hardisk yang bermasalah

5. Power supply yang tidak memberikan supply listrik yang stabil atau drop, Lebih baik kita mengganti power supply agar komponen lain tidak bermasalah.

6. Motherboard yang bermasalah.

7. dan faktor-faktor lainnya...


Demikian hal yang bisa saya bagikan untuk artikel kali ini. Barangkali ada diantara pembaca yang mau mengoreksi jika ada kesalahan pada postingan saya ini, atau ada yang ingin menambahkan ?
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

4 comments:

  1. wah info yang sangat bagus dan bermanfaat nih gan, denganinfo ini ana jadi tambah ilmu lagi nih gan terimakasih ya gan..

    ReplyDelete
  2. @Obat Nyeri Sendi Tradisional : Sama-sama gan, terima kasih atas kunjungannya :)

    ReplyDelete
  3. Laptop Saya Sekarang Ini Gitu Gan d(T_T)b
    Bingung Saya Jadi Y

    ReplyDelete
  4. @Anonymous : sudah diperiksa penyebab2 di atas ? Kalau sudah mentok, mungkin coba install ulang aja

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT