06 March 2012

Sistem Operasi Android

Anda tahu Android ? Kata Android di sini bukannya robot yang ada di film-film fiksi ilmiah, tetapi merupakan sistem operasi yang berbasis Linux untuk perangkat mobile seperti smartphone/ponsel pintar dan tablet.


Android sifatnya bebas (open source) dan menyediakan platform terbuka bagi para developer/pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam-macam piranti bergerak. Pada awalnya, perusahaan Google membeli Android Inc. - pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel.

(Eh, kalo diperhatikan, logo android kok mirip tabung gas ukuran 3 Kg ya ? :D )

Berbagai versi Android :

1. Android versi 1.1

Pada tanggal 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan fitur-fitur pada aplikasi, jam alarm, pencarian suara / voice search , pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email/email notification.

2. Android versi 1.5 (Cupcake)

Pertengahan Mei 2009 (hanya berselang sekitar 1,5 bulan), Google merilis ponsel dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) 1.5 (Cupcake). Pada versi ini dilakukan pembaruan dan penambahan beberapa fitur, yaitu kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari ponsel, dukungan terhadap Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar (sejenis screen saver), dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

3.Android versi 1.6 (Donut)

Diluncurkan pada bulan September 2009. Pada versi ini Android dapat menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, ditambah penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur tambahan lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech tetapi tidak tersedia pada semua ponsel.

4. Android versi 2.0/2.1 (Eclair)

Tanggal 3 Desember 2009 diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan aplikasi Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru serta dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.


5. Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)

Pada tanggal 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan yang dilakukan antara lain dukungan untuk Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang digunakan oleh Google Chrome yang dapat mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card/memory, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

6. Android versi 2.3 (Gingerbread)

Hanya berselang sekitar 5 bulan, yaitu pada tanggal 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan ini terdapat pada peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, User Interface-nya di desain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

7. Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)

Lalu muncul lagi Android versi 3.0/3.1 / Honeycomb yang dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. Antar muka pada Honeycomb juga berbeda karena sudah desainnya dikhususkan untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi hardware untuk grafis. Motorola Xoom adalah tablet yang pertama menggunakan Honeycomb.

8. Android versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich)

Versi ini diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur-fitur yang ada pada Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk password dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, sudah terintegrasi dengan kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.

Update berita terbaru :

Walaupun Android versi 5.0 (Jelly Bean) belum hadir di beberapa smartphone atau tablet, tapi bocoran mengenai Android versi selanjutnya telah santer diberitakan. Nama kodenya Key Lime Pie (Android 6.0). Bahkan versi 7 pun sudah ada beritanya, diberi kode Lemon Drizzle Cake.



Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

7 comments:

  1. Tampaknya Android akan semakin merajai sistem operasi mobile di seluruh dunia ...

    ReplyDelete
  2. @CatatanDokter : Tampaknya ada benarnya juga pendapat anda. Terima kasih atas kunjungannya.

    ReplyDelete
  3. android emang lagi senter nih,,banyak digemari,,bisa2 semua beralih ke android,,hehe,,,
    jadi udah mau muncul yang versi lima?? hemmh,,versi sebelumnya aja aku belum,,hiks,,

    ReplyDelete
  4. @Pengobatan Tradisional Keputihan : Iya gan, mungkin karena gratis dan fitur2nya terus dikembangkan. Sama dong belum punya he..he...

    ReplyDelete
  5. android emang udah gencar sekarang,kalau mau beli progam itu kira-kira berapa.....?

    ReplyDelete
  6. Kapan tuh muncul Android utk berbasis Computer???.

    ReplyDelete
  7. @masrukin : kayaknya gratis, kan open source

    @Chicolay : Sejauh ini, saya belum mendapat kabar terbarunya.

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT