30 August 2012

Apakah Apple Selalu Berhasil ?

Di jaman teknologi modern sekarang ini yang sarat dengan banyaknya barang-barang berupa gadget, komputer dan sebagainya, pastilah kita tahu beberapa merek terkenal.


Mungkin tidak semua orang tahu, bahwa dibalik kesuksesan para pembuat barang-barang berteknologi tinggi itu tidak pernah merasakan kegagalan. 

Kali ini saya akan membahas masalah produk-produk buatan Apple. Berikut saya kutip beberapa produk Apple yang gagal di pasaran :

1. Apple III (thn.1981)
    Produk ini adalah penerus dari Apple II yang sangat populer tersebut ditujukan bagi pengguna bisnis . Namun karena hardwarenya tidak handal, Apple kalah dalam persaingan dengan IBM PC yang diluncurkan pada tahun yang sama.





2. Lisa (thn.1983)
    Lisa (bukan nama orang :D ), adalah komputer komersial pertama yang diproduksi dengan antar muka grafis dan dilepas dengan harga $9.995 pada saat diluncurkan. Mungkin salah strategi atau terlalu cepat mengeluarkan produk baru lainnya, ketika Apple membuat Macintosh yang harganya lebih murah dan diluncurkan hanya selisih setahun, Lisa akhirnya menjadi tidak laku.




3. NeXT Computer (thn.1989)
   Komputer ini adalah buatan Steve Jobs setelah keluar dari Apple. Kehebatan produk ini adalah : sangat canggih pada tahun tersebut. Namun karena harganya terlalu mahal, maka nasibnya sama dengan 2 produk pendahulunya.



4. The Cube (thn. 2000)
   Adalah komputer berupa desktop mini yang dilapisi oleh casing plastik indah. The Cube memenangkan berbagai penghargaan dari sisi desain, tapi lagi-lagi gagal di pasaran karena harganya yang mahal. Masalah lainnya, produk ini juga tidak menawarkan kelebihan dari segi fungsi jika dibandingkan dengan komputer Mac biasa.


Itulah beberapa produk gagal dari Apple. Menurut saya, hal ini bisa dijadikan pelajaran-dengan kata lain : belajarlah dari pengalaman orang lain. Kegagalan adalah awal dari keberhasilan atau kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda...



.
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

No comments:

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT