04 March 2013

Sejarah dan Jenis-jenis Monitor

Posting lagi ah... Sekarang saya ingin menulis artikel tentang sejarah dan jenis-jenis monitor. Seperti yang telah kita ketahui,monitor adalah salah satu perangkat keluaran (output device) dari satu unit komputer. Suatu perangkat belum bisa dikatakan komputer kalau tidak ada monitornya.

Saya mulai dengan pembagian jenis-jenis monitor :

1. Monitor CRT atau monitor jenis tabung

    Jenis ini adalah yang pertama kali ditemukan. CRT merupakan singkatan dari Cathode Ray Tube. Penemunya adalah  Karl Ferdinand Braun. Monitor yang terbuat dari tabung ini digunakan juga untuk televisi, dan osciloskop.




Perkembangan monitor CRT ini dilanjutkan oleh Philo Farnsworth, yang kemudian banyak dipakai untuk televisi hingga akhir abad ke 20.

2. Monitor Plasma

    Monitor jenis plasma ditemukan oleh Donald L.Bitzer dan H.Gene Slottow pada tahun 1964 yang digunakan untuk sistem komputer Plato.Monitor ini mengalami masa jayanya mulai pada awal tahun 1970. Hal ini disebabkan karena tampilan ini tidak membutuhkan sirkuit memori.

 3. Monitor LCD

    LCD merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display atau teknologi kristal cair, maksudnya adalah jenis media penampil yang menggunakan kristal cair sebagai komponen utamanya.



Seperti halnya jenis CRT, LCD pun banyak digunakan untuk televisi,monitor, serta kalkulator. Salah satu keunggulan LCD adalah daya konsumsi listrik yang rendah, tipis alias tidak banyak memakan tempat, mengeluarkan panas yang sedikit serta memiliki resolusi yang tinggi.

4. Monitor LED / OLED

    OLED adalah singkatan dari Organic Light Emitting Diode atau diode cahaya organik. Teknologi ini biasanya digunakan pada sensor.




OLED ditemukan oleh salah seorang ilmuwan perusahaan Easrman Kodak (itu lho, perusahaan yang selama ini kita kenal sebagai produsen kamera dan negatif film), yaitu Dr. Ching W. Tang di tahun 1979. Teknologi ini merupakan pengembangan dari teknologi sebelumnya yang menggunakan LCD.

Demikian, artikel tentang sejarah dan jenis-jenis monitor. Semoga bisa menambah wawasan kita.
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

1 comment:

  1. Teknologi memang berkembang dengan pesat seiring dengan waktu
    Https://Www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT