10 April 2008

Awas! Serangan Virus Ninja dari Sampit

Jakarta - Kembali virus lokal menyeruak di ranah komputer Indonesia. Jika Anda penggemar film kartun Naruto, Anda pasti kenal dengan istilah Hokage, gelar ninja terkuat yang didam-idamkan Naruto.Saat ini virus Hokage ditengarai tengah berkeliaran.
Dalam keterangan resmi Vaksincom yang diterima detikINET, Kamis (10/4/2008), Hokage yang juga dikenal dengan VBWorm.Gen16 menggunakan icon Winamp untuk mengelabui user.Berukuran 42 KB, Hokage dibuat dengan menggunakan bahasa Visual Bacis (VB) dan dikompresi dengan menggunakan UPX. Hokage kemungkinan berasal dari daerah Sampit, ibu kota Kabupaten Kotawaringin Timur di Kalimantan Tengah, Indonesia.
Salah satu ciri yang menonjol dari virus Hokage adalah berubahnya icon Flash Disk menjadi icon Winamp.Jika berhasil menginfeksi komputer, Hokage akan membuat beberapa file yang akan dijalankan pertama kali setiap komputer dinyalakan. File ini akan disembunyikan sehingga tidak mudah untuk dihapus.Hokage juga akan membuat file "Hokagefile.exe" di setiap folder/subfolder yang diakses.
Untuk varian awalnya, tidak banyak fungsi Windows yang diblok, tetapi Hokage akan mengusili Folder Options yakni dengan tidak mengizinkan user untuk menampilkan file yang tersembunyi.
MizuBushinNoJutsu
Bushin No Jutsu dalam serial Naruto berarti jurus untuk memperbanyak diri. Lalu apa hubungannya dengan virus ini?
Jawabannya adalah Hokage akan menggantikan setiap tulisan yang Anda ketik di Notepad dari komputer yang sudah terinfeksi virus, dengan tulisan MizuBushinNoJutsu. Apapun tulisan yang Anda ketik, lalu jika ingin menyalin tulisan tersebut ke baris berikutnya, Anda tidak akan pernah berhasil.
Menyebar melalui Flash
DiskHokage menyebarkan diri dengan menggunakan media Flash Disk ataupun disket dengan membuat beberapa file induk dan beberapa file pendukung agar dirinya dapat aktif secara otomatis setiap kali user mengakses Flash Disk tersebut.
Sumber : www.detikinet.com
Dewi Widya Ningrum - detikinet
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

No comments:

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT