07 April 2008

Onno: Jadikan Hacker Sebagai Teman

JAKARTA - Dua situs perbankan yang berhasil di-deface hacker, Bank Indonesia dan Bank Niaga, harusnya menjadi perhatian institusi untuk mulai berbenah diri dan memperbaiki kelemahan yang ada dalam jaringan mereka.
"Psikologi seorang penyerang sederhana sekali. Seorang penyerang bisa dikatakan baik atau terbaik jika mereka bisa menembus pertahanan yang paling kuat. Jadi jangan kaget kalau situs perbankan merupakan sasaran utama, selain situs militer," ujar Pakar IT Onno W Purbo, melalui emailnya kepada Okezone, Jumat (4/3/2008).
Onno melihat tindakan ini sebagai bentuk pembelajaran bahwa hacker lebih tepat untuk dijadikan teman ketimbang harus dihujat dan didiskreditkan. Potensi besar yang dimiliki hacker dipercaya Onno dapat dijadikan sebagai 'amunisi' bagi Indonesia untuk bisa lebih maju dibanding negara tetangga.
"Mereka ini anak Indonesia yang jago. Sayang kalau kemampuan mereka disepelekan. Indonesia banyak membutuhkan bantuan mereka untuk bisa maju mengalahkan negara tetangga kita," ujar Onno."Apapun yang terjadi, semua situs harus waspada. Harus belajar teknik security yang baik, teknik untuk memonitor adanya intrusi di jaringan karena security adalah bagian integral dari proses hosting di internet," pungkas Onno. (srn)

Sumber : Okezone.com
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

No comments:

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT