07 May 2008

Agar Tak Cedera, Injak Saja Mouse-nya!


Washington - Cedera tertentu bisa disebabkan penggunaan mouse secara rutin. Cedera akibat mouse ini biasanya berupa Repetitive Strain Ijury (RSI) atau Carpal Tunnel Syndrome (CTS). Untuk menghindari cedera, sebaiknya injak saja mousenya.


Benarkah akan lebih baik? Ya, jika yang diinjak adalah 'mouse tanpa tangan', yaitu sebuah mouse yang khusus dikembangkan untuk dioperasikan dengan kedua kaki penggunanya. Seperti dikutip detikINET dari Softpedia, Rabu (7/5/2008), mouse yang diproduksi Hunter Digital ini diberi nama NoHands mouse.


Gadget yang terhubung lewat USB ini memiliki dua pedal yang masing-masing berukuran 10.0 x 4.0 x 1.5-inchi.Satu pedal NoHands Mouse digunakan untuk mengendalikan arah gerakan kursor, sedangkan pedal satu lagi adalah untuk klik.Pedal peng-klik memungkinkan orang untuk melakukan klik kanan dengan menginjak sisi tumit, sedangkan klik kiri dilakukan dengan menginjak bagian depan.


Mouse ini diklaim dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan kontrol lebih terhadap pointer, misalnya untuk programming maupun desain (CAD/Computer-Aided Design). Menurut Hunter Digital, mouse ini dirancang oleh tim dokter spesialis untuk membantu penderita cedera akibat penggunaan mouse.


Cedera itu adalah CTS, yang berupa gejala mati rasa atau ngilu di ibu jari atau jari tengah. Selain itu adalah RSI, yaitu cedera otot atau jaringan syaraf tubuh lainnya karena melakukan sesuatu secara berulang-ulang.Meskipun awalnya ditujukan bagi orang dengan penyakit tertentu, mouse ini juga dapat digunakan bagi orang yang tidak ingin tangannya teralihkan dari keyboard saat mengetik. Penggunaan mouse ini telah diujicobakan pada Windows 95, Windows 98, Windows XP, Windows Vista, Mac OS X dan Linux.




Sumber : http://www.detikinet.com/

Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

No comments:

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT