29 May 2008

LCD Monitor AOC Targetkan 15% Marketshare


JAKARTA - Persaingan pasar monitor di dunia membuat TPV Group merasa harus bersaing dengan merek perangkat monitor sendiri. Hasilnya, TPV pun meluncurkan AOC dan menggandeng MKL sebagai distributor di Indonesia.

TPV merupakan produsen monitor terbesar di dunia sehingga wajar jika pelanggan-pelanggan TPV merupakan vendor elektronik terbesar yang juga menyuplai monitor, baik LCD, CRT maupun monitor komputer.

"Di dunia, TPV menguasai sekira 24 persen market share untuk pasar monitor. Angka ini lebih besar hampir dua kali lipat dibanding Samsung yang menguasai 15 persen," ujar Business Manager Mega Komputindo Lestari (MKL) Bun Kim San di sela peluncuran 7 monitor AOC di Planet Hollywood Jakarta, Rabu (28/5/2008).

Produksi TPV saat ini masih fokus pada suplai ke vendor elektronik (Original Equipment Manufacturer/OEM) sebesar 88 persen, sisanya sebesar 12 persen akan difokuskan untuk memproduksi monitor AOC milik TPV sendiri. Namun begitu, Bun Kim San menyatakan rencana serius TPV untuk menggarap pasar monitor. Bahkan monitor AOC akan memiliki peningkatan kontribusi produksi hingga 30 persen pada dua tahun mendatang.

Keseriusan TPV juga dibuktikan melalui target pencapaian pasar LCD monitor di Indonesia yang akan meningkat lima persen dibanding tahun lalu, hingga mencapai 15 persen.

"AOC sebenarnya sudah masuk ke pasar Indonesia sejak tahun lalu dan kami sudah punya pondasi market sekira 10 persen makanya kami akan meningkatkan pangsa pasar hingga 5 persen lagi," ujar Bun Kim.

Untuk mencapai target tersebut TPV menggandeng MKL sebagai distributor. Menurut Bun Kim dealer MKL telah tersebar di 23 kota di Indonesia. Sayangnya untuk saat ini after sales service AOC masih ditangani langsung oleh MKL. Namun begitu Bun Kim berkomitmen untuk menggandeng hingga tiga perusahaan service center dalam dua bulan ke depan.

Menurut Bun Kim pasar LCD monitor yang sangat laku di pasar adalah LCD untuk segmen entry level. Untuk itu mereka akan memfokuskan penjualan di segmen tersebut dan melakukan strategi penjualan ke daerah-daerah atau kota-kota kecil di Indonesia.

"Bahkan harga jual LCD monitor AOC sendiri cukup terjangkau. Misalnya saja untuk LCD berukuran 16 inci hanya sekira 1,5 juta rupiah sedangkan yang berukuran 3,5 inci berada di harga 3,5 juta rupiah," ujar Bun Kim. (srn)
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

No comments:

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT