14 May 2008

Ledakan Dunia Digital, Indonesia Turut Sumbangsih

JAKARTA - EMC Corporation, perusahaan yang bergerak di bidang solusi infrastruktur informasi, hari ini mengumumkan hasil riset IDC yang disponsori oleh EMC mengenai tren dan proyeksi perkembangan dunia digital. Hasil riset menunjukkan bahwa volume data digital pada tahun 2007 mencapai 45 Exabytes (EB), setara dengan lebih dari 17 miliar iPhone 8GB.

Dunia digital juga "meledak" lebih daripada yang diperkirakan, dikarenakan oleh pengertian masyarakat yang lebih baik terhadap replikasi data, dan juga pertumbuhan pesat dari ketersediaan kamera, kamera keamanan, dan TV digital. Ledakan ini juga dipicu oleh meningkatnya volume akses Internet di negara berkembang, jaringan sosial yang terdiri dari beragam konten digital persembahan jutaan pengguna, aplikasi berbasis sensor, dan pusat data yang mendukung cloud computing.

Hasil temuan lainnya dari riset tersebut menyatakan bahwa:

1. Pada tahun 2007, volume data digital mencapai 281 miliar gigabytes (281 exabytes), yang berarti 10 persen lebih besar daripada proyeksi sebelumnya,

2. Dunia digital bertumbuh pesat dengan tingkat pertumbuhan tahunan hampir 60 persen. Volume data digital diproyeksikan akan mendekati angka 1,8 zettabytes (1.800 exabytes) pada tahun 2011 atau melonjak 10 kali lipat hanya dalam waktu lima tahun,

3. Jumlah "Bayangan Digital" Anda - yakni, informasi digital mengenai Anda - saat ini lebih banyak daripada jumlah informasi digital yang dibuat oleh Anda sendiri.IDC juga memprediksi bahwa informasi digital akan menggelembung dengan rata-rata pertumbuhan tahunan sebesar 57 persen antara tahun 2006 dan 2010. Sementara itu, di kawasan Asia Pasifik (kecuali Jepang) akan mengalami pertumbuhan 30 sampai 40 persen lebih cepat daripada negara maju.

"Hasil temuan IDC mengenai kebutuhan korporasi saat ini akan solusi infrastruktur informasi komplit dari pengarsipan sampai proteksi dan virtualisasi mengukuhkan ketepatan arah bisnis EMC untuk menjadi perusahaan penyedia solusi total infrastruktur informasi," jelas Country Manager EMC Indonesia dan Pasar Berkembang, Jimmy Yam, kepada okezone dalam keterangan resminya, Selasa (13/5/2008).(cdr) (srn)

Sumber : www.techno.okezone.com

Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

No comments:

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT