24 July 2008

Knol, Wikipedia ala Google

MOUNTAIN VIEW - Google baru-baru ini telah meluncurkan secara resmi sebuah ensiklopedia online bertajuk Knol yang ditengarai akan menyaingi popularitas Wikipedia sebagai pemain utamanya.


Menggunakan sistem yang serupa, Knol juga menyetuh segala aspek pengetahuan dengan memungkinkan siapa pun untuk menulis artikel seputar sesuatu di dalamnya di atas koridor informasi dan pengetahuan. Bedanya, hanya saja di Knol penulis berhak meninggalkan identitasnya sebagai pengarang yang dapat dikenal oleh para pembaca.

Fitur ini merupakan sesuatu yang baru yang diusung Google sebagai informasi online berbasis pengetahuan. Pada Knol, pembaca pun dimungkinkan untuk memberikan koreksinya dan mengisi ruang iklan. Namun pembaca tidak bisa sebebasnya mengisi yang mereka mau karena moderator ditugaskan untuk memilah-milah tulisan ataupun informasi mana yang layak dipublikasikan.

"Begitu pula penulis, dia berhak menerima dan menolak saran dari setiap orang yang ingin mengubah-ubah kontennya. Setelah lama, nama mereka akan diasosiasikan pada tulisannya tersebut," ujar Product Manager Knol Cedric Dupont dan Software Engineer Knol Michael McNally dalam tulisannya yang terpampang di blog resmi Google saat Knol ini diluncurkan, Kamis (24/7/2008).

Bagi mereka yang telah mengisi kolom informasi pada Knol, Google akan menghadiahkannya kolom iklan pada halamannya tersebut dan memberikan keuntungan saham Google yang diperoleh. Penulis pun dibolehkan untuk menarik tulisannya pada Knol kapan saja.

"Pembaca berhak memberikan komentar, rating, atau sekedar menulis sebuah review tentang tulisan di Knol," kata pihak Google yang menurutnya hal tersebut dapat menjadi pertimbangan suatu tulisan dianggap penting atau tidak.

Sementara itu, Editor and Scientific Writing Specialist Google, Amy J Markowitz, diberikan wewenang oleh Google untuk menyeleksi artikel-artikel yang berhubungan dengan penyakit dan pendekatan medis. "Hal ini untuk menjaga keakuratan informasi dari para kontributor," tukas Amy. (srn)


Sumber : www.okezone.com
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

No comments:

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT