10 March 2009

Hati-hati ! Ada Worm Yang Menyerang Perangkat Penyimpanan USB

Hati-hati terhadap virus terbaru yang saat ini sudah muncul !!! Virus ini menginfeksi perangkat USB dan ditujukan untuk menyerang jaringan Ethernet perusahaan.

Sebetulnya sih, Microsoft sudah memberikan patch yang dapat melindungi dari serangan yang dilakukan melalui Ethernet, namun belum ada patch yang diperuntukkan untuk melindungi dari penyerangan yang dilakukan melalui perangkat USB. Hanya antivirus saja yang dapat mencegah serangannya.

Jutaan komputer telah terinfeksi oleh worm jenis baru baru-baru ini. Worm ini bernama Downadup, Conficker atau Kido. Kebanyakan komputer yang diserang adalah komputer perusahaan.

Worm ini terhitung ganas dan menyerang pada “lubang” pada system operasi Windows. Adapun celah yang diserang adalah layanan services.exe. Setelah menginfeksi, worm tersebut akan membuat file DLL baru pada system folder Windows dengan 5 buah huruf yang disusun secara acak. Lalu worm tersebut akan membuat sebuah registry yang akan menganggap file DLL tadi adalah sebuah layanan, sehingga DLL tersebut akan berjalan secara otomatis setiap kali komputer melakukan restart.

Setelah berhasil melakukan hal-hal tadi, worm tersebut akan membuat sebuah server http, dan mendownload malware dari situs yang berbahaya.

Sementara ini langkah yang ditempuh oleh perusahaan adalah menggunakan pacth dari Microsoft serta menghapus malware pada komputer yang terinfeksi. Satu lagi, adalah mencegah penggunaan perangkat penyimpanan USB.
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

7 comments:

  1. Kang..kalo komputer saya mah,penyakitnya gini..abis di shoutdown,eh,beberapa jam kemudian,komputer nya bisa idup sendiri,trus kada2 mati sendiri,trus idup sendiri lagi..pusing!!! kira-kira kenapa ya,kang?tolong didiagnosa,sakitnya kira2 apa? :)

    ReplyDelete
  2. @nenad : Halo, apa kabar ayi ? Kemana aja ,baru dtg lagi :) Kompienya terlalu otomatis kali :) Eh mgkn kompienya dipasangi timer ? Setau saya, kalau koputer di shutdown, ya nggak akan bisa hidup sendiri,kecuali kalo terhubung ke jaringan (Wake up LAN).
    @bocahiseng: Yah, yang diperlukan sekarang adalah kehati-hatian.

    ReplyDelete
  3. Memang flashdisk merupakan penyebar virus dan worm terbaik.

    ReplyDelete
  4. @mamas86 : Yaah, itu hanyalah sarana,mas. Kejadiannya sama persis dengan jaman disket dulu.

    ReplyDelete
  5. wah bahaya bgt.. yang saya tau hanya confiker dan ada beberapa anti virus yang sudah bisa mendetcet virus ini..

    harus berhati-hati ni.. tq ulasannya..

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT