01 July 2009

Faktor Yang Membuat G-Chrome Menjadi Cepat Bag-1

Para pengguna internet, tentu sudah mengenal beberapa macam browser. Masing-masing browser punya keunggulan sendiri.

Namun, sejak beberapa bulan terakhir ini, kita dibuat takjub oleh browser baru buatan Google. nama browser ini tidak lain adalah Google Chrome, atau saya lebih suka menyebutnya G-Chrome.

Apa yang membuat G-Chrome ini begitu dikagumi (khususnya oleh saya) ? Menurut saya, setidaknya ada 2 hal. Pertama, dari segi kecepatan, sedangkan yang kedua dari segi kemampuannya yang membuat seolah-olah browser ini begitu "ringan" ketika dijalankan untuk membuka halaman website.

Pada bagian pertama ini, saya hanya akan membahas dari segi kecepatannya saja. Faktor apakah yang membuat browser ini begitu cepat, bahkan dapat mengalahkan para "seniornya" ?

Hal ini tidak lain karena G-Chrome memperoleh tambahan kecepatan dari mesin lain. Maksudnya ? Jadi beginih, G-Chrome mempunyai mesin utama yang bernama webkit, yaitu sebuah HTML Rendering Library.

Mesin ini pertama kali dikembangkan oleh Apple sebagai dasar untuk browser Safari buatan mereka. Mesin rendering ini berfungsi untuk menampilkan halaman website dalam browser seperti halnya halaman yang dibangun dengan bahasa HTML. Webkit ini dibuat dengan pemrograman yang ramping, serta memory load yang optimal, sehingga menawarkan kecepatan yang lebih baik.

Bersambung.......
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

10 comments:

  1. @myblog4famouser : Bukan cape nulis mas. Pertama, terlalu panjang kalau disatu bagian-kan, kedua, waktunya nggak cukup :)

    ReplyDelete
  2. Saya masih menggunakan mozile untuk browsing, mungkin udah terlalu nyaman. :D
    thank informasinya sobat, membantu banget

    ReplyDelete
  3. Baru berkunjung saya mas

    Maaf mas ada sedikit Pengumuman
    <<< Dalam rangka optimalisasi SEO, anchor name ^kacong^ di link sahabat blog kamu mohon diganti jd "Tips dan Trik Komputer" ya
    <<< Lebih jelasnya silahkan copy kode link saya dr http://kacong.co.cc/index.php/link-sahabat
    <<< Ditunggu konfirmasinya. Trims ya mas

    ReplyDelete
  4. @Sudarma : Terima kasih juga sudah mau main lagi kesini. Nantikan bagian keduanya :)

    @Kacong : Nggak apa2. Ya deh, saya perhatikan nanti.

    ReplyDelete
  5. ada versi bersambungnya juga, nunggu donk

    ReplyDelete
  6. Betul sob itu aku.. nanya nih..aku dah nyerah..3 kali di bawa ke servisan tetep aja..blm ketemu penyakitnya..PC ku pagi di on kan.. luamaa banget.. hampir 2 jam baru bisa ngebuka windows nih.. kira2 apanya yah...

    ReplyDelete
  7. @Saung Web : Kalau pengalaman saya sendiri sih, ada beberapa faktor. Dari segi softwarenya : 1. Kemungkinan PC-nya terkena virus ; 2. Di menu config-nya, kebanyakan aplikasi yang dibuka, jadi kalau mau loading windowsnya lama banget.Jadi, mungkin bisa dibuang/disable lewat menu : Start-Run-[ketik] msconfig-[pilih]Startup-buang aplikasi yg tdk diperlukan.Mudah2an bisa membantu, kalau tidak bisa juga,pake aplikasi utility, misal Tweak utk Windows (kalo sdh masuk windowsnya), cara terakhir, coba install ulang windowsnya.

    ReplyDelete
  8. Wah trism berat sob... aku coba tips nya ya.. kalau instal windowsnya sih dah 3 kali instal ulang.. apa mungkin virus.. ya.. soalnya kalau lagi on gini tiba2 pada muncul mozila2 lain kaya ringsoon lah.. dsb

    ReplyDelete
  9. @Saung Web : Sama-sama,sob. Mudah2an bisa membantu. Untuk menghindari hal2 semacam ini, sebaiknya update antivirus secara teratur.Saran saya,gunakan virus di luar PC, misalnya CD, kalau flashdisk, masih ada kemungkinan tersusupi virus.

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT