26 October 2009

Tips Memilih Cakram CD/DVD Kosong

Kita semua pasti sudah tau CD/DVD. Ya, piringan-piringan itu telah menjadi bagian dari hidup kita sehari-hari, hanya saja berbeda dalam penggunaannya. Ada yang membeli CD/DVD film, software atau game.


Kali ini saya akan membahas cara memilih Cakram CD/DVD kosong. Cakram ini berfungsi untuk merekam atau menyimpan data, yang biasanya disimpan dalam harddisk komputer kita. Biasanya tujuan dari penyimpanan di dalam CD/DVD ini adalah untuk menyelamatkan data, jika sewaktu-waktu harddisk mengalami kerusakan atau terformat secara tidak sengaja, atau untuk mengurangi isi harddisk yang telah penuh.


Tips Memilih CD atau DVD :

1. Cari CD/DVD yang lapisan bagian bawahnya berwarna perak atau agak keemasan, jangan pernah mencoba untuk memilih piringan yang lapisan bawahnya berwarna-warni (biru, merah atau malah hitam) karena lapisan ini berfungsi untuk melakukan pembacaan data dari CD/DVD yang telah ditulis. CD/DVD lapisan bawahnya berwarna-warni mungkin tidak ada masalah saat penulisan (write) oleh CD/DVD burner, tapi untuk selanjutnya ada kemungkinan akan susah sekali saat dibaca (read).

2. Kalau anda akan membeli CD/DVD, usahakan untuk membeli CD/DVD dari satu merk yang telah kita kenal atau pernah kita pakai sebelumnya dan tidak ada masalah saat menulis dan membaca CD/DVD itu, jangan membiasakan diri untuk mengganti merk karena ada beberapa merk CD/DVD burner yang kurang "bersahabat" dengan beberapa CD/DVD merk-merk tertentu, Cara lainnya, anda bisa mencari referensi dari orang yang berpengalaman dalam pemilihan cakram kosong ini, atau anda bisa mencari di internet, merk-merk mana saja yang bagus untuk digunakan.

3. Kalaupun anda terpaksa harus membeli CD/DVD yang bukan biasanya dipakai, usahakan membeli dahulu secara satuan, cobalah satu dan lihat apakah ketika penulisan dan pembacaan berjalan dengan lancar, jika semuanya berjalan dengan baik, anda bisa membeli CD/DVD tersebut sesuai keperluan.

Demikian tips-tips dari saya seputar pemilihan CD/DVD kosong. Mudah-mudahan bermanfaat.





Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

6 comments:

  1. sangat bermanfaat

    thx a lot udah share

    ReplyDelete
  2. @Cengengesan : Amin, kalau ada manfaatnya. Terima kasih, bro.

    ReplyDelete
  3. sepertinya sepele ya, tetapi kalau terbeli yang mutunya ga bagus bisa runyam, apalagi udah beli banyak.

    thanks postingnya, bermanfaat :)

    ReplyDelete
  4. @Lina : Iya, saya sendiri sering mengalami hal2 buruk seperti di atas,makanya bisa dijadikan pengalaman. Sama-sama.

    ReplyDelete
  5. @Agus : Ya, mudah2an postingan saya ini ada manfaatnya. Trim's sudah berkunjung.

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT