09 December 2010

Macam-macam Microprocessor

Tahukah anda, apakah yang dimaksud dengan mikroprosesor itu ?

Mikroprosesor atau sering juga dituliskan dengan lambang µP atau uP adalah sebuah central processing unit (CPU) elektronik komputer yang bahannya terbuat dari transistor mini dan sirkuit lainnya di atas sebuah sirkuit terintegrasi semikonduktor.

Dulu, sebelum berkembangnya mikroprosesor, CPU elektronik terbuat dari sirkuit terintegrasi TTL terpisah; sebelumnya, transistor individual; sebelumnya lagi, dari tabung vakum. Bahkan telah ada desain untuk mesin komputer sederhana atas dasar bagian mekanik seperti gear, shaft, lever, Tinkertoy, dll.

Perubahan atau evolusi dari mikroprosesor ini telah diketahui mengikuti Hukum Moore (pendiri Intel) yang merupakan peningkatan performa dari tahun ke tahun. Teori ini merumuskan bahwa daya penghitungan akan berlipat ganda setiap 18 bulan, sebuah proses yang akurat terjadi sejak awal 1970-an.

Saya yakin, banyak di antara anda yang sudah mengenal jenis-jenis mikroprosessor, kali ini akan saya sajikan dalam bentuk tabel seperti di bawah ini.




Keterangan :

Informasi tentang tabel ini:

* Tanggal adalah tahun yang prosesor pertama kali diperkenalkan. Banyak prosesor diperkenalkan kembali pada kecepatan clock yang lebih tinggi selama bertahun-tahun setelah tanggal rilis asli.

* Transistor adalah jumlah transistor pada chip. Anda dapat melihat bahwa jumlah transistor pada satu chip telah meningkat terus selama bertahun-tahun.

* Mikron adalah lebar, dalam mikron, dari kawat terkecil pada chip. Sebagai perbandingan, rambut manusia adalah 100 mikron tebal. Sebagai ukuran fitur chip turun, jumlah transistor meningkat.
* Kecepatan Clock adalah tingkat maksimum yang chip bisa di-overclock kecepatan clock akan lebih masuk akal di bagian selanjutnya.

* Data Width adalah lebar dari ALU. Sebuah ALU 8-bit dapat tambah / kurang / kali / etc. dua nomor 8-bit, sementara ALU 32-bit dapat memanipulasi angka 32-bit. Sebuah ALU 8-bit harus mengeksekusi empat instruksi untuk menambahkan dua 32-bit angka, sementara ALU 32-bit dapat melakukannya dalam satu instruksi. Dalam banyak kasus, bus data eksternal adalah lebar sama dengan ALU, tetapi tidak selalu. The 8088 memiliki ALU 16-bit dan bus 8-bit, sedangkan Pentiums modern mengambil data 64 bit pada suatu waktu untuk ALUs mereka 32-bit.

* MIPS adalah singkatan dari "millions of instructions per second" atau "jutaan instruksi per detik" dan merupakan ukuran kasar dari kinerja CPU. Modern CPU dapat melakukan hal yang berbeda begitu banyak yang MIPS peringkat kehilangan banyak makna mereka, tetapi Anda bisa mendapatkan pengertian umum dari kekuatan relatif dari CPU dari kolom ini.
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

5 comments:

  1. Blog dan artikelnya bagus, komentar juga ya di web saya www.when-who-what.com

    ReplyDelete
  2. kira2 harganya berapa yaa??

    ReplyDelete
  3. Bedanya sm procesor biasa dimana bos????

    ReplyDelete
  4. kurang detail mas ayo di posting lagi

    ReplyDelete
  5. @Yogi Marshala : Terima kasih. Saya sudah berkunjung balik ke blognya, tapi ga bisa komentar.

    @SEO : harga yang mana mas ?

    @Google Search Result : Bedanya dari teknologi/metode yang digunakan,salah satunya dari banyaknya transistor yang digunakan utk membuat salah satu processor.

    @aspyogya : Insya Alloh, kalau ada kesempatan mas.

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT