28 April 2011

Windows 8

Anda pernah mendengar kabar tentang Windows 8 ? Yap, hari ini saya akan memposting tentang hal tersebut. Apakah fitur terkenal yang akan ditawarkan oleh Sistem Operasi buatan Microsoft itu ?

Pengenalan wajah/Facial Recognition. Ya, sebuah fitur andalan yang akan microsoft wujudkan seiring peluncuran Windows 8 nanti. Tujuan fitur ini adalah untuk digunakan ketika anda akan melakukan login ke komputer anda. Menyenangkan bukan ?


Sekarang, kabar akan munculnya OS terbaru Microsoft itu semakin santer diberitakan. Boleh dibilang, ini adalah sistem operasi generasi terbaru.

Sebuah fungsi " mendeteksi keberadaan manusia " API adalah salinan awal Windows 8, begitulah menurut sebuah artikel tentang Slashgear yang menghubungkan kembali bocoran gambar Windows 8 yang diterbitkan oleh Windows8Italia.



Mungkin saja ini merupakan rincian yang langka, tetapi ini bisa berkaitan dengan teknologi pengenalan wajah yang telah dicatat pada pertengahan 2010 di dokumen perencanaan Windows 8 yang Microsoft bagi bersama dengan mitra.

Seperti inilah kira-kira bocoran dokumen-dokumen perencanaan itu :

Pada tahun 2012 nanti sensor seperti mikrofon, kamera, GPS, akselerometer, serta sensor suhu & magnetik akan merupakan hal umum yang akan terdapat pada kebanyakan PC, sehingga memungkinkan Windows 8 untuk berinteraksi dengan lingkungan pengguna dalam cara-cara baru dan menarik.

Sebuah skenario akan menggunakan perangkat lunak yang fungsinya melakukan pengenalan wajah untuk memverifikasi identitas pengguna.

Sebagai ilustrasi, akan digambarkan hal seperti berikut :

"Si Fulan masuk ke kantor rumahnya," tulis Microsoft dalam salah satu dari banyak skenario fiksi yang digariskan dalam slide deck Windows 8. "Sensor jarak pada PC nya mendeteksi gerakan, dan membangunkan PC. Pada saat si Fulan duduk, PC nya akan hidup, lalu mendeteksi/men-scan wajahnya dan membiarkan dia masuk Akhirnya, ketika si Fulan bangkit kemudian pergi, komputernya akan memunculkan pemberitahuan bahwa dia pergi dan akhirnya komputer itu akan menguci dan mematikan dirinya sendiri (shut down lah istilahnya).

Windows 8 juga mungkin akan menghilangkan kebutuhan untuk mengingat password di beberapa situs Web. Saat ini saja, saya suka bingung sendiri kalau kebanyakan password he..he... Windows 8 dapat mencakup cara aman untuk menyimpan username dan password, dan menyederhanakan pengalaman online.

Selain itu, di Windows 8 akan memungkinkan para pengguna untuk mengakses personalisasi, bookmark dan isi dari komputer manapun.

Microsoft telah menawarkan pengenalan wajah pada sistem game melalui Kinect dan Xbox Live. Lenovo mengumumkan login pengenalan wajah di laptop pada tahun 2007, dan built-in kamera adalah sesuatu yang standar di komputer saat ini. Membangun pengenalan wajah ke Windows 8 sendiri akan sangat memperluas penggunaan teknologi.

Semoga bermanfaat.

Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

4 comments:

  1. Kelebihannya Windows 8 ini apa ya ?

    ReplyDelete
  2. @Anonymous : seperti yang sudah ditulis di atas, salah satunya ya tentang fitur pengenalan wajah untuk login, serta sensor utk mendeteksi gerakan2 yang dilakukan oleh manusia.Memang, informasinya masih terbatas, karena ini adalah sebatas "bocoran".

    ReplyDelete
  3. semoga dikembangkan sempurna.. tanpa adanya bug.. dan menutupi kekurangan versi sebelumnya hehee..
    karena yg namanya OS microsoft bakalan laku dipakai secra universal

    ReplyDelete
  4. @Tech Tips : Iya, semoga. Kalau menurut pengalaman, bug selalu ada, tinggal kesigapan si pembuat yang membuat patch atau anti bug-nya. Yah menurut pengalaman juga, OS buatan Microsoft itu memang memegang pasar tertinggi.

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT