29 April 2008

IBM Lansir Server Baru untuk Web 2.0

JAKARTA - IBM (NYSE: IBM) hari ini memperkenalkan sebuah kategori server baru yang secara unik didesain untuk memenuhi kebutuhan teknologi perusahaan-perusahaan yang menggunakan komputasi berbasis Web 2.0 untuk menjalankan pusat data yang besar dengan puluhan ribu server - seperti perusahaan-perusahaan pencarian dan Internet, permainan online, serta jaringan sosial.
Perusahaan-perusahaan yang menjalankan pusat data kurang lebih mengeluarkan biaya energi 10 hingga 30 kali lipat lebih besar dari gedung perkantoran pada umumnya. Energi ini dibutuhkan untuk menjalankan ratusan ribu server dan banyak AC untuk mendinginkan server-server tersebut.
Pertumbuhan pusat data yang demikian pesat akan terus berlanjut karena streaming video, permainan online, dan jaringan sosial memadatkan lalulintas Internet, sehingga perusahaan harus membangun kumpulan komputer yang lebih besar. Hal ini mengharuskan sumber daya energi untuk beroperasi selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
Sistem IBM "iDataPlex" menggunakan server blade IBM untuk membangun sebuah desain yang sama sekali baru, dengan beberapa kelebihan termasuk: Mampu menggandakan jumlah sistem yang dapat dijalankan pada satu rak IBM, Mengkonsumsi 40 persen lebih sedikit daya namun menghasilkan daya komputasi 5 kali lipat, Dapat dipasangi liquid cooled wall di bagian belakang sistem sehingga memungkinkannya untuk berjalan pada "suhu ruangan" - tidak membutuhkan AC, Menggunakan komponen berstandar industri dan perangkat lunak sumber terbuka, seperti Linux, untuk mengurangi biaya.
IBM iDataPlex adalah sebuah sistem rak baru yang memuat inovasi-inovasi desain pendinginan dan efisiensi yang dapat membantu menggantikan server-server "white-box" yang tidak efisien dan umum digunakan oleh perusahaan-perusahaan Internet. Karena konsumen menginginkan konten yang lebih kaya dan akses langsung ke aplikasi-aplikasi berbasis Web, iDataPlex kini memungkinkan penyedia layanan dan perusahaan-perusahaan Web 2.0 terkemuka untuk memenuhi kebutuhan ini.
Mengkomersialkan Komputasi Bergaya Web 2.0
Mengambil sebuah halaman dari model Internet, iDataPlex dirancang untuk komputasi apapun yang secara efektif mengubah berbagai komputer menjadi sebuah kumpulan sumber daya bersama atau "cloud."
"Dengan iDataPlex, IBM membuat komputasi bergaya Web 2.0 menjadi lebih efisien dan mengkomersialkannya untuk perusahaan-perusahaan Internet dan segmen-segmen berperforma tinggi lainnya, seperti layanan keuangan dan penelitian," tutur Fetra Syahbana, Country Manager, IBM Systems and Technology Group, Selasa (29/4/2008).
Dia menambahkan, iDataPlex dapat menyediakan sebuah landasan yang dapat digunakan perusahaan-perusahaan untuk menyediakan layanan yang lebih baik kepada pengguna Web di seluruh dunia. iDataplex akan menjadi unsur penting dalam membantu klien-klien mengembangkan sebuah pusat data kelas enterprise baru yang menawarkan efisiensi TI yang lebih tinggi dan memungkinkan penyebaran layanan TI baru untuk mendukung pertumbuhan bisnis di waktu mendatang. IBM membantu klien-klien berpindah ke pusat data kelas enterprise baru dengan berfokus pada praktek terbaik di bidang virtualisasi, TI Hijau, pengelolaan layanan, dan komputasi cloud. (mbs)
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

No comments:

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT