30 May 2008

Baca Pikiran Manusia dengan Komputer


Jakarta - Tak perlu menjadi seorang paranormal untuk dapat membaca pikiran manusia. Dengan sedikit bantuan komputer para ilmuwan pun bisa melakukannya. Bagaimana caranya?

Yakni dengan komputer yang dapat membaca pikiran seseorang dengan menganalisa aktivitas otaknya. Cukup dengan memikirkan satu kata sederhana, maka komputer tersebut akan membaca pola-pola yang terbentuk di pikiran dan menebak apa yang kita pikirkan.

Menurut para peneliti di Carnegie Mellon University di Pittsburgh -- selaku pengembang teknologi ini -- diharapkan dalam waktu dekat mesin ini juga akan mampu memahami ratusan pikiran yang lebih rumit, dengan membaca isi pikiran manusia.

Seperti dikutip detikINET dari Telegraph, Jumat (30/5/2008), para peneliti ini 'mengajarkan' kepada komputer untuk memahami pola yang terbentuk di otak saat memikirkan 60 kata benda yang berhubungan dengan indera, seperti penglihatan, peraba, perasa, penciuman.

Menurut teori, otak akan menampilkan gambaran kata benda yang dimaksud sesuai dengan apa yang dirasakan atau dipikirkan manusia tentang benda itu.

Sementara ketika diujicoba, komputer tersebut dapat secara akurat menebak pikiran sembilan orang yang menjadi sukarelawan. Komputer ini berhasil menebak pola-pola yang terbentuk dalam otak saat seseorang memikirkan suatu kata benda.

"Kami yakin telah berhasil mengidentifikasi sejumlah struktur otak yang digunakan untuk menampilkan suatu makna," ujar Tom Mitchell, ahli komputer yang terlibat dalam penelitian ini.

Teknologi ini memberi gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana manusia berpikir. Diharapkan, teknologi ini akan dapat terus disempurnakan, sehingga nantinya dapat digunakan untuk meneliti penderita autisme atau schizophrenia.


Sumber : www.detikinet.com
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

No comments:

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT