30 May 2008

IBM Rilis Superkomputer Hemat Energi

JAKARTA - IBM memperkenalkan superkomputer baru Power 575 dengan mikroprosesor tercepat di dunia, IBM Power6. Untuk mendinginkannya, IBM menggunakan teknologi air yang disebut Hydro-Cluster.

Tujuannya mengurangi panas yang ditimbulkan komponen-komponen elektroniknya. Cara itu diklaim dapat mengurangi 40% konsumsi energi yang dibutuhkan untuk mendinginkan pusat data.

Para ilmuwan IBM mengestimasikan air 4.000 kali lebih efektif daripada udara untuk mendinginkan sistem komputer. Dengan 448 prosesor inti per rak, Power 575 menawarkan performa lima kali lebih cepat dari produk sebelumnya. Berkat sistem pendingin air canggih yang disebut Hydro-Cluster, superkomputer ini tiga kali lebih hemat energi.

"Power 575, seperti semua superkomputer berbasis Power lainnya, dirancang untuk masalah-masalah padat komputasi terberat, rekayasa, luar angkasa, dan pembuatan model cuaca," tutur Fetra Syahbana, Country System Sales Executive IBM Indonesia.

"IBM selalu berupaya memperluas batasan-batasan superkomputer kelas atas dan penghematan energi untuk memenuhi kebutuhan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan," pungkasnya. (sindo//jri)
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

No comments:

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT