14 May 2010

Bagaimana Memory Komputer Bekerja ?

Pada postingan kali ini saya akan mencoba untuk membahas cara kerja memori komputer. Bisa jadi diantara para pembaca ada yang sudah menguasai tentang cara kerja berbagai komponen dalam “jeroan” CPU, namun bagi yang belum tahu, mungkin artikel kali ini bisa membantu anda yang ingin mengetahui fungsi-fungsi komponen/perangkat yang ada dalam CPU.


Secara teknis, memory atau sering disebut dengan RAM (Random Access Memory), adalah perangkat atau hardware yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara. Sebetulnya, fungsi RAM ini adalah sebagai “pembantu” bagi harddisk. Sebab, ketika CPU komputer anda akan mengambil data, dia harus terus-menerus memanggil mengakses harddisk untuk mengambil setiap bagian data yang dibutuhkan, dan tentunya akan memakan waktu lama / lambat. Makanya, informasi yang dibutuhkan itu disimpan sementara di dalam memory.


Memory bekerja dengan cara menyimpan, lalu menyuplai data-data penting yang dibutuhkan oleh processor dengan cepat untuk dapat diolah menjadi informasi. Makanya, fungsi kapasitas adalah hal yang sangat penting bagi memory, karena semakin besar kapasitasnya, maka semakin banyak data yang dapat disimpan dan diteruskan, sehingga akan membuat processor dapat bekerja lebih cepat.

Sepintas Cara Memory Bekerja

Ketika kita mulai menyalakan komputer, perangkat atau device yang pertama kali bekerja adalah processor yang berfungsi sebagai pengolah data dan meminta data dari harddisk (tempat penyimpanan data). Dengan kata lain, data akan dikirim setelah adanya permintaan dari processor.

Cara kerja di atas pada kenyataannya sangat sulit dilakukan. Kenapa ? Karena ada perbedaan teknologi yang ada di antara harddisk dan processor. Kalau processor adalah komponen digital “murni” sehingga data yang diprosesnya akan sangat cepat dilakukan, sedangkan harddisk kebanyakan teknologinya menggunakan fungsi mekanis yang kalau dibandingkan akan menjadi tidak seimbang / timpang. Menurut teori, kecepatan processor adalah 46 kali lebih cepat dibandingkan dengan harddisk, sehingga bisa dibayangkan akibatnya, kalau processor harus menunggu pasokan data yang sangat lama dari harddidk (kalau kita menunggu selama itu, mungkin bisa dipakai untuk berjalan-jalan dulu ke mall ya he..he..).

Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan perangkat memory (RAM). Device ini berfungsi untuk membantu processor dalam hal penyediaan data yang sangat cepat, dengan kata lain, RAM ini bisa disebut juga sebagai “Harddisk Digital”, karena keseluruhan komponen yang ada dalam RAM sudah menggunakan teknologi digital. Nah dengan adanya RAM, maka processor tidak harus menunggu lama kiriman data yang diperlukan (yaaah..tidak bisa jalan-jalan ke mall lagi dong :( ).

Itulah sekilas penjelasan tentang cara kerja memory. Semoga bermanfaat.
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

10 comments:

  1. Ooh .. komputer ini kadang saya salut juga liad cara kerja nya sob .. Hebaattt !!!

    ReplyDelete
  2. Bertukar link yuk sob .. link sobat telah terpasang manis di link sobatku tuh.. Visit me back yah ..
    Ada yg baru lho .. :p

    ReplyDelete
  3. Abdul Hafidz : cara kerja yang mana sob ? Oh ya, saya juga sudah menambahkan link sob di sini. Terima kasih sudah mau bertukar link dengan saya :)

    ReplyDelete
  4. salam sobat
    trims ilmunya
    saya jadi tahu memory komputer bekerja.
    dengan jelas di artikel ini.

    ReplyDelete
  5. hhhhmm....begitu toh kerjanya...makasih sharingnya kawan...

    ReplyDelete
  6. artikel yang menarik. mantap bro

    ReplyDelete
  7. @NURA : Salam lagi sobat. Sama2, syukurlah kalau bermanfaat :)

    @HAPIA Mesir : sama2 kawan.

    @iswady : terima kasih, bro :)

    ReplyDelete
  8. OOOOOOOOOOOOOOOOOO.... baru tau apa fungsi dr RAM tsb. sip sippp... nambah ilmu diriku hari ini. thanks yaaaaa

    ReplyDelete
  9. @KucingTengil : sama2 yaa....

    ReplyDelete
  10. Selama ini menggunakan komputer...baru kali ini saya tahu bagaimana RAM bekerja, terimakasih mas..!!

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT