10 September 2011

Harddisk Kapasitas Raksasa Besutan IBM

Waduuh kelamaan nggak posting. Males banget setelah ikutan PTC seperti daftar di samping kanan para pembaca he..he.. (daftar dong dgn cara klik link di sana). Sudah ah promosinya. Sekarang saya mau coba posting lagi, buang rasa malas.

Anda tahu kan harddisk ? Itu tuh... tempat menyimpan OS dan file-file di kompie anda. Kali ini, ada berita menarik. IBM, salah satu perusahaan legendaris di bidang IT, kini mempunyai proyek besar. Sekumpulan peneliti yang tergabung di perusahaan IBM sedang membuat harddisk dengan kapasitas terbesar yang belum pernah ada di dunia komputer.



Harddisk buatan IBM ini konon akan memiliki kapasitas sebesar 120 petabytes atau 120 juta gigabyte ! WOW...luar biasa. Tidak terbayangkan berapa lama kita akan bisa memenuhi harddisk tersebut dengan file-file teks biasa, kecuali dicampur dengan lagu-lagu atau film. Bisa-bisa harddisk dengan kapasitas raksasa tersebut dapat memuat file lagu mp3 sebanyak kurang lebih 20-an miliar file ! Sekedar info, sekarang ini harddisk dengan kapasitas terbesar yang ada adalah 15 petabyte.

Bagaimana cara IBM membuat harddisk tersebut ? Ternyata untuk mencapai kapasitas 120 Petabyte terdiri dari rangkaian 200 ribu buah harddisk yang digabungkan menjadi satu. Pengerjaan proyek tersebut dilakukan di CA Lab research, Almaden.

Waah tidak terbayangkan, berapa harga yang dipatok oleh IBM jika nantinya akan dibuat secara massal.
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

6 comments:

  1. wooow,, mantap nih gan,, kira2 harganya brp ya??

    kunjungi blog ane juga gan, http://e-gudangilmu.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. AdrizShop : Waduh... untuk masalah harga sekarang ini, belum ada bocorannya gan he..he.. :D Iya, saya akan mengunjungi blog agan sekarang.

    ReplyDelete
  3. gan maaf ya kalo sebelumnya ane gag bilang... hehe :D tapi udah ane edit kok gan, udah ada sumber ke link agan, semalem ane lupa gan naro sumber... ane udah pasang link agan,, jadi tetep boleh ane pasang gag gan??

    ReplyDelete
  4. @AdrizShop : tidak apa-apa. Baiklah saya izinkan untuk tetap dipasang di blog agan :D

    ReplyDelete
  5. weeew,,, makasih gan,, hehe sebagai tanda maaf ane, nanti blog ente ane pejeng di my partner,, hehe... ada tips khusus buat ningkatin trafiic gag gan??

    ReplyDelete
  6. @Adriz Shop : ama-sama gan. Terima kasih untuk memajang blog ini di blog anda. Meningkatkan traffic ? Setau saya paling mencari banyak pengunjung, salah satunya sering blogwalking dan meninggalkan komentar di situs yg anda kunjungi.

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT