11 July 2010

Ada Firefox 4 Beta 1 Lho

Ada berita baru nih. Kabarnya Firefox 4 telah merilis versi Beta pertamanya dengan mengambil beberapa ide desain pintar dari G-Chrome, beberapa campuran dari dalam dirinya sendiri dan mengeluarkan beberapa fitur baru serta kinerja snappier. Firefox mungkin akan jauh melompati browser lain dan menjadi yang terbaik dari kelompok tersebut.

Akhir-akhir ini, interface atau antarmuka Firefox telah mulai terlihat panjang jika dibandingkan dengan browser yang tampak lebih modern seperti Chrome dan Safari. Pada rilis Beta kali ini, hal tersebut akan ada perubahan

Perubahan terbesar untuk Firefox akan segera terlihat – sebagaimana halnya dengan G-Chrome, rentang tab akan terlihat di bagian atas browser, bukan muncul di bawah address bar, fitur ini dinamai "Awesome Bar" oleh Mozilla.



Sayangnya, desain baru ini hanya akan muncul pada OS Windows 7 dan Vista, tidak pada Windows 2000 atau XP, juga tidak pada Mac OS X dan Linux versi beta, walaupun Mozilla mengatakan nantinya desain ini akan tersedia di waktu mendatang.

Ruang yang dialokasikan untuk Awesome Bar dan tombol navigasi juga telah dikurangi, sehingga akan memberikan konten pada halaman Web yang lebih nyata dan akan membuatnya lebih mudah untuk melihat judul dari semua halaman pada tab yang anda buka. Tombol navigasi itu sendiri juga telah dipoles sehingga akan terlihat lebih lembut, dengan lingkaran bulat pada sisi-sisinya / tidak berbentuk segiempat yang terlihat kaku. Efek keseluruhan dari Firefox versi beta ini adalah untuk memberikan tampilan yang lebih menyenangkan dan lebih modern.

Tombol navigasi juga telah disederhanakan. Tidak lagi ada tombol Reload dan Stop yang dulu dibuat terpisah Sebaliknya, mereka telah digabung menjadi satu tombol, yang mengubah penampilan dan tujuan tergantung pada apakah halaman sedang dimuat/loading atau telah dimuat.


Tab-tab yang ada pada si rubah api beta 4 tersebut telah diberi perubahan kecil. Misalkan anda buka sebuah situs, dan ikon seperti jam akan muncul pada tab sebagai halaman yang sedang dimuat, di sini akan ditunjukkan kecepatan halaman yang sedang di unduh/download dan berapa banyak yang telah di download. Fitur kecil ini yang terasa menyenangkan bagi mereka yang tidak sabar menunggu dan ingin tahu berapa lama halaman yang sedang mereka buka akan dimuat.

Oh ya, di versi beta ini akan ada tambahan kecil : yaitu tombol berbentuk bintang yang terletak pada sisi sebelah kanan, tepat di samping kotak pencarian, yang memungkinkan anda untuk membuka/browsing suatu situs melalui bookmark yang sebelumnya telah anda buat

Pada Firefox 4 ada juga fitur lainnya yang dinilai sangat bagus. Coba anda ketik teks atau alamat di Awesome Bar, maka browser ini akan melakukan pencarian tidak hanya history dan pencarian yang pernah dilakukan sebelumnya saja atau situs yang telah anda bookmark/tandai sebelumnya, tetapi juga akan menampilkan judul dari semua tab yang terbuka .

Itulah sedikit “bocoran” untuk browser favorit kita ini, semoga saja pada versi yang sebenarnya nanti, fiturnya tidak hanya seperti yang telah saya sebutkan di atas saja, tetapi bisa jadi akan bertambah menjadi lebih baik daripada versi betanya.

Semoga bermanfaat.
Silahkan ditandai ( bookmark ) dan sebarkan ( Share it ):

2 comments:

  1. ::Salaman Dulu::
    Eh bagus lho, cuman sayangnya jadi ribet setelah saya install banyak add-ons kesukaan saya tidak compatible with this version.
    ::Salam Hangat::

    ReplyDelete
  2. @Ozzys Blog : Ayo..salaman dulu :) Betul,kadang kalau browser tsb update ke versi yg lebih baru, aplikasi lama atau add ons banyak yg tidak kompatibel. Contohnya saja roboform milik saya dulu.

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
 
 

Followers

Ingin Berlangganan Artikel ?

Masukkan Email Anda:

Dikirim oleh FeedBurner

 
Copyright © Artikel IT